Gubsu Serahkan Peralatan Bengkel Kepada Koperasi Pontren Almandily

Kamis, 04 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

GUBSU; H. SYAMSUL ARIFIN

MADINA-METRO; Gubernur Sumatera (Gubsu), Syamsul Arifin, melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemprovsu, DR H Arsyad Lubis MM, menyerahkan bantuan berupa peralatan bengkel kepada Koperasi Pondok Pesantren Almandily, di Kampung Padang, Kelurahan Sigalapangan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (3/2). Bantuan tersebut diterima langsung oleh Pimpinan Pesantren, H Abdul Kadir Nasution.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprovsu, DR H Arsyad Lubis MM, dalam sambutannya menyampaikan, bantuan tersebut merupakan program Dinas Koperasi dan UKM Pemprovsu yang ditujukan kepada Pontren di Provinsi Sumut termasuk salah satunya Pontren Almandily.

Menurutnya, ada 3 hal yang sangat penting diperhatikan dalam pembentukan koperasi yakni personal, lembaga dan usaha.

“Apabila 3 hal ini sudah ada maka dapat dibentuk suatu koperasi,” ujarnya.

Bantuan berupa alat-alat perbengkelan yang diharapkan dapat digunakan dengan baik bagi anggota koperasi. Sebab, para santri diharapkan memiliki kreativitas dalam ilmu teknis mesin.

“Kita inginkan para santri bisa mandiri dan memiliki Ilmu pengetahuan bukan saja pengetahuan agama, tetapi juga bisa menguasai teknis mesin. Hal ini tidak terlepas bertujuan untuk pembentukan Kabupaten Madina menjadi kabupaten yang masyarakatnya memiliki kreativitas yang handal dan juga kita inginkan Kabupaten Madina tetap menjadi Serambi Mekkah,” tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Madina, H Yusfi Nazrad, menambahkan, bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan oleh anggota koperasi Pontren.

Baca Juga :  Faisal Reza Pardede; Tidak Ada Yang Keberatan Jika Sipirok Jadi Ibu Kota Kab. Tapanuli Selatan

Pasalnya, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk program pemerintah untuk memotivasi koperasi yang ada. Pemerintah juga memiliki program bantuan modal kepada koperasi yang eksis.

Di Kabupaten Madina, lanjutnya, sudah terbentuk 5 koperasi Pontren. Hal ini dinilai sangat mendukung pemberdayaan para santri demi mewujudkan SDM yang handal melalui program pemerintah yang ada saat ini.

“Melalui program koperasi ini, kita harapkan para masyarakat yang tergabung ke dalam koperasi bisa terus meningkatkan program-program demi terwujudnya ekonomi syariah yang sangat membantu masyarakat terutama para anggota koperasi,” katanya.

Kadis Koperasi dan UKM Pemprovsu, Murdini Lubis, juga mengatakan hal senada. Menurutnya, bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan program ekonomi syariah yang dijalankan oleh Pontren Almandily dan juga meningkatkan sumber daya manusianya.

“Menurunnya perekonomian dalam suatu daerah disebabkan karena rendahnya SDM masyarakat. Maka dengan bantuan ini diharapkan para pengendali koperasi dapat menggunakannya sebaik mungkin,” terangnya.

Ketua panitia penyerahan bantuan, ustadz Mahyuddin Lubis dan pimpinan Pontren Almandily menyampaikan terimakasih yang sangat dalam kepada Pemprovsu yang telah memberikan bantuan, yakni peralatan bengkel seperti 1 unit kompresor yang dilengkapi segala jenis perkakas dan kunci dan sparepart untuk Koperasi Pontren Almandily.

“Seandainya pemerintah tetap memperhatikan masyarakat kecil, Insya Allah negara juga daerah kita ini akan makmur,” ucap H Abdul Kadir Nasution. (mag-02)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 13 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pemkab Madina dan Tapsel Lacak Tapal Batas

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*