Gunung Juga Bromo Waspada, Wisatawan Diimbau Tidak Dekati Kawah

fauzan79.blogdetik.com

Malang – Selain Gunung Semeru, status waspada juga diberikan untuk Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur. Untuk menjaga keselamatan, para wisatawan diimbau untuk tidak mendekati kawah.

“Sesuai rekomendasi dari pos pantau Gunung Bromo, batas maksimal adalah satu kilometer sebelum kawah,” kata Kasubag Data, Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Nova Elina, saat dihubungi detiksurabaya.com melalui telepon genggamnya, Jumat (29/10/2010).

Peringatan untuk para wisatawan menurut Nova, dikeluarkan sejak status Bromo yang menjadi salah satu ikon wisata di Jatim ini waspada. Sayangnya, meski peringatan itu sudah disosialisasikan, namun wisatawan masih banyak yang tetap memilih naik hingga puncak, untuk melihat kawah dari dekat.

“Bahaya material vulkanik serta lava pijar dimuntahkan dari dalam kawah menjadi ancaman sewaktu-waktu,” ujarnya.

TNBTS sendiri sebagai pengelola, ujar Nova, tidak bisa memaksa wisatawa untuk mematuhi rekomendasi tersebut. “Kenyataan di lapangan pengunjung banyak yang mendekat malahan. Bahkan katanya jika tidak mendekat tak lengkap,” tutur wanita berkaca mata ini.

Melihat kondisi itu, TNBTS hanya bisa mengimbau kepada para wisatawan untuk tetap berhati-hati, dan selalu mengingat gunung berapi itu masih aktif.

“Kalau mengacu pada rekomendasi, batas wisawatan sampai Pura yang biasa digunakan untuk berdoa oleh warga suku tengger,” jelasnya.

Gunung Bromo merupakan salah satu tempat tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan eksotik gunung berapi itu mampu menyedot ratusan pengunjung berdatangan setiap bulannya. (detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Golkar Minta SBY Buktikan Kabinetnya Bukan Antek AS Seperti Di Beritakan Wikileaks

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*