Gunung Sinabung Meletus Empat Kali Hari Ini

%name Gunung Sinabung Meletus Empat Kali Hari Ini
Gunung Sinabung mengeluarkan material vulkanik, tampak dari Desa Brastepu, Karo, Sumut, Selasa (30/9/2014). ANT/Endro Lewa

Karo: Aktivitas Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, terbilang masih tinggi. Hari ini (5/10/2014), gunung setinggi  2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu meletus sebanyak empat kali.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Sinabung meletus sejak dini hari hingga pagi tadi. Letusan disertai luncuran awan panas.

“Status gunung tetap Siaga. Kondisi masyarakat tetap normal. Tidak ada penambahan pengungsi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, hari ini.

Berikut rincian keempat letusan:

1. Letusan pukul 01:46 WIB; terjadi awan panas guguran dari puncak (dipantau menggunakan thermal-camera) dengan jarak luncur sejauh 4.500 meter ke arah Selatan. Tinggi abu vulkanik 2.000 meter. Lama erupsi: 263 detik.

2. Letusan pukul 06:38 WIB; terjadi awan panas guguran dari puncak dengan jarak luncur sejauh 2.500 meter ke arah Selatan. Lama Erupsi: 152 detik.

3. Letusan pukul 07:36 WIB; terjadi awan panas guguran dari puncak dengan jarak luncur sejauh 3.000 meter ke arah Selatan. Lama Erupsi: 158 detik.

4.  Letusan pukul 07:53 WIB; terjadi awan panas guguran dari puncak dengan jarak luncur sejauh 4.500 meter ke arah Selatan. Tinggi kolom abu vulkanik 3.000 meter. Lama Erupsi: 229 detik. (Sugeng)

/Metrotvnews.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Tiang Listrik Tidak Ada - Puluhan Warga di Sosa Kurang Nikmati PLN

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*