Guru PNS Kota Sidimpuan Dapat Tambahan Penghasilan Rp250 Ribu Per Bulan

Kamis, 25 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

SIDIMPUAN-METRO; Guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun 2010 ini akan mendapatkan tambahan penghasilan Rp250 ribu per bulannya yang bersumber dari dana pemerintah pusat.

Tambahan penghasilan ini sendiri berdasarkan setelah keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 52 tahun 2009 lalu tentang tambahan penghasilan guru PNS sebesar Rp250 ribu per bulan yang alokasi dananya dari pemerintah pusat dan efektif mulai Januari 2009 lalu yang nantinya dalam pembayarannya akan dirappelkan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Psp, Drs Panongonan Muda Hasibuan kepada wartawan, Rabu (24/2) membenarkan hal tersebut. Dijelaskannya, penghasilan tambahan guru PNS ini untuk seluruh Indonesia, namun untuk Kota Psp sendiri di katakannya PP nomor 52 tahun 2009 itu sendiri keluar setelah APBD Psp sudah disahkan, sehingga masih akan dibahas oleh DPRD Psp dan Disdik bagaimana cara penyalurannya. Diperkirakan tambahan penghasilan ini akan dibayarkan dengan dirappelkan kepada guru PNS dalam waktu dekat atau paling tidak akan dimasukkan dalam P-APBD Psp TA 2010 Oktober mendatang.

Ditambahkannya, penghasilan tambahan ini hanya akan diberikan kepada guru PNS yang tidak atau belum mendapatkan sertifkasi.

“Guru yang sertifikasi tidak dapat, hanya guru PNS saja yang belum sertifikasi. Paling lambat sebelum Oktober ini sudah bisa kita bayarkan, nanti dirappelkan mulai Januari 2009. Karena dananya juga sudah di kas daerah, jadi harus secepatnya kita salurkan kepada guru-guru yang berhak menerimanya, makanya kita sedang menanyakan caranya kepada DPRD Psp,” ujarnya.

Baca Juga :  Ketua Panwas Bantah Tolak Hasil Pemilukada Padangsidimpuan

Saat ini Disdik Psp masih sedang melakukan pendataan guru-guru PNS yang berhak menerima bantuan ini dan bagaimana tekhnis pembayarannya dengan DPRD Psp.

Saat ini data yang ada, jumlah guru di Kota Psp sebanyak 2.487 orang yang berstatus PNS dari sekitar 5.500 orang. Dan untuk guru yang sudah sertifikasi diperkirakan sudah sebanyak 600-an guru.

Dengan perincian untuk tingkat SD jumlah guru sebanyak 1.226 orang, tingkat SMP jumlah guru sebanyak 630 orang, untuk tingkat SMA jumlah guru sebanyak 435 orang, dan untuk tingkat SMK 196 orang.

Disebutkannya, saat ini jumlah SDN ada 84, SDS 9, MIN 1, MIS 1, SMPN 11, SMPS 14, 1 MTSN, MTSS 10, SMAN 8, SMAS 10, MAN 2, MAS 6, SMKN 3, dan SMKS 12.

Sementara itu Sekretaris Disdik Tapsel, Drs Marotib kepada METRO, Rabu (24/2) juga mengatakan hal yang sama. Namun sampai dengan saat ini Disdik Tapsel masih sedang melakukan pendataan guru-guru PNS yang akan menerima tambahan penghasilan ini. Di mana paling lambat April akan segera dibayarkan mulai dari Januari 2009 sebesar Rp250 ribu per bulannya.

Dijelaskannya, di Tapsel ada 268 SDN, 11 SD swasta, 39 SMPN, 3 swasta, 11 SMAN, 2 swasta, 6 SMKN dan 2 swasta. Jumlah guru PNS di Tapsel sebanyak 2.910 orang dan yang sudah sertifikasi sebanyak 383 orang.

Baca Juga :  KETUA PANITIA DAK REHAB SD DIDOMINASI OLEH KELUARGA BUPATI DAN WALIKOTA

“Kemungkinan April ini sudah bisa kita bayarkan dan pembayarannya dirappelkan mulai Januari 2009,” katanya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*