Hacker: Situs Universitas Trisakti Mudah Dibobol

Hacker memperingatkan, situs resmi milik Universitas Trisakti ternyata dapat dengan mudah ditembus dari luar, termasuk situs-situs seluruh fakultas yang ada.

“Meskipun kami sudah menguasai seluruh isi websites beserta seluruh isi server-nya namun kami tidak ada tujuan untuk merusak situs ini. Yang paling buruk adalah, situs milik jurusan Teknik Informatika Trisakti juga memiliki celah yang sama. Padahal itu kan tempat ahlinya,” ujar tim hacker Gerandong, yang mengaku lebih suka disebut sebagai security audiitor ketimbang hacker, kepada okezone, Minggu (26/9/2010).

Mereka mengaku melakukan hal ini hanya untuk memperingatkan dan menyadarkan seluruh masyarakat bahwa keamanan situs di Indonesia masih sangat lemah. Bahkan hanya sebagian kecil masyarakat yang peduli terhadap keamanan situsnya.

“Harapan kami, semoga langkah kami ini juga diikuti oleh semua komunitas hacker, blackhacker, underground, defacer maupun white hacker sendiri. Penetrasi dan audit security bukan untuk merusak isi atau konten websites tapi untuk menyadarkan web admin atau pemilik websites bahwa security websites mereka masih belum handal,” ujar mereka.

Menurut mereka, dari ribuan website yang telah diaudit, masih 80 persen di antaranya memiliki celah keamanan yang rentan. Namun begitu mereka mengaku akan segera memperingatkan admin situs, baik melalui email, faks maupun logo dalam situs.

“Pesan ini hanya sebagai bukti atau proof of concept bahwa kami telah menemukan celah keamanan yang ada di suatu situs. Kami harap para admin bisa lebih bekerja ekstra keras lagi untuk menutup celah tersebut,” tandas mereka. (srn)

Baca Juga :  Microsoft Impikan Pendidikan Indonesia Berbasis Digital

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2010/09/26/55/376069/hacker-situs-universitas-trisakti-mudah-dibobol

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*