Hakim Tetapkan Sidang Dugaan Korupsi Sepak Bola Padangsidimpuan Berlanjut

Starberita – Medan, Majelis hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan menolak eksepsi (nota keberatan) Tiga pejabat Padang Sidempuan, yakni mantan Kepala Dispora Padang Sidimpuan Asgul Idilhan Dalimunthe, mantan bendaharanya Ridoan Ahmad, juga mantan Bendahara Tim Persatuan Sepak Bola (PS) Sidimpuan, Zulkarnain Pohan (dalam berkas terpisah).
Majelis Hakim yang diketuai M Nur, dengan hakim anggota Nelson J Marbun, Tirtawinata itu menilai. pokok perkara unsur dakwaannya telah terpenuhi. ” Mengadili menyatakan Eksepsi terdakwa tidak dapat diterima, melanjutkan pemeriksaan perkara ini, melanjutkan biaya perkara hingga akhir putusan,”ucap hakim M Nur, Senin (1/7).

Dalam eksepsi sebelumnya ketiga terdakwa menyatakan jika jumlah kerugian yang didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak cermat dan batal demi hukum.Sebelumnya dalam dakwaan JPU, disebutkan ketiga terdakwa diadili, atas kasus dugaan korupsi penyalahgunaan dana APBD tahun 2008-2009 untuk klub sepaka bola PS Padangsidimpuan senilai Rp3,2 miliar.

Berdasarkan audir BPKP ditemukan kerugian Negara sebesar Rp Rp1,8 miliar. JPU menyatakan ketiga terdakwa bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan dijerat pasal berlapis, yaitu Pasal Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 jo Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dengan ancaman 20 tahun penjara.

Baca Juga :  Warga Diminta Hormati Putusan MK

Jaksa sendiri sebelumnya, telah menetappkan tersangka kepada mantan Kadispora Padangsidimpuan lainnya, Hadi Ashari Nasution dan Wakil Manager PS Sidimpuan M Soleh Pulungan. Keduanya di vonis di pengadilan Negeri Padangsidempuan masing-masing 1 tahun penjara.(RIN/MBB)

Starberita.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Mantan Sekdakot Psp Sarmadan Hasibuan yg dah terbukti buat teken kontrak ganda para pemain bola, kapan jadi Terdakwa? Nampak Kejari Psp masih tebang pilih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*