Hal Pertama yang Perlu Dilakukan Ortu Saat Anak Alami Benturan di Kepala

Jakarta, Orang tua mana yang tak panik ketika mengetahui sang anak terjatuh ketika sedang bermain. Apalagi jika si kecil sampai muntah-muntah, orang tua bisa kalang kabut dan segera membawanya ke RS. Walaupun begitu, ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan orang tua.

“Baringkan anak beri kesempatan dia untuk mendapatkan cukup udara supaya bisa bernapas jadi jangan dikerubungin banyak orang,” tutur pakar neurosains terapan, dr Anne Gracia saat ditemui di Graha Unilever dan ditulis pada Senin (11/8/2014).

Kemudian, orang tua atau pengasuh harus melihat respons panca indera satu persatu. Suruh di anak melihat wajah orang tua atau pengasuh, pastikan buram atau tidak. Kemudian minta ia mendengarkan suara, terdengar jelas atau berdenging.

“Kalau semuanya baik-baik saja, baru anak kita tegakkan pelan-pelan dan tanya pusing atau nggak. Jika tidak ya nggak apa-apa, tapi sebaiknya setelah ada kesempatan segera bawa ke tenaga medis,” tekan dr Anne.

Terkait dengan respons muntah pada anak setelah terjatuh, dikatakan dr Anne hal ini menandakan terjadi gangguan goncangan di kepala sehingga area otak memberi respons keseimbangan yang terganggu pada skala sedang menuju ke berat.

“Skala sedang menuju berat yang menganggu keseimbangan itu salah satu efeknya adalah perasaan mual karena fungsi otak memberi sinyal untuk memberi informasi bahwa ada sesuatu yang terjadi di tengkorak dan efek mual adalah bagian dari keseimbangan,” tutur dr Anne.

Baca Juga :  Penjelasan Resmi SBY Soal Pengunduran Diri Menkes

Selain itu, respons terganggunya keseimbangan pasca anak terjatuh juga bisa berupa anak yang tubuhnya hangat meskipun tidak demam. Dikatakan dr Anne, hal ini lumrah karena respons tubuh ada yang berupa peningkatan suhu tubuh.

/detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*