Harga Bahan Bangunan di Palas Tinggi

Palas. Harga bahan bangunan di Kabupaten Padang Lawas (Palas) tinggi. Kondisi tersebut karena faktor letak georafis. Karena letak geografis Kabupaten Palas cukup jauh dari pusat kota. Selain itu, cara pedagang berspekulasi membuat harga bangunan kian tinggi.

“Mahal memang di sini (Palas) harga bahan bangunan. Makanya, saya pilih belanja ke Medan,” kata Zul, seorang warga Kecamatan Sosa saat berbincang dengan MedanBisnis, kemarin. Zul yang baru beberapa waktu lalu membangun rumah, mengaku memilih belanja bahan bangunan langsung ke Medan. “Beda harganya jauh. Bisa untuk ongkos sama upah yang angkut,” kata Zul.

Dicontohkan, harga besi ukuran 10 mm, di Medan hanya dijual Rp 29.000 per batang, sementara di Palas harganya mencapai Rp 35.000 perbatang, begitu juga dengan harga bahan bangunan lainnya. “Cuma, kalau belanja di Medan harus agak banyak. Maunya dihitung dulu berapa kebutuhannya,” jelasnya.

Sementara itu, pantauan di toko bangunan kemarin, harga Semen Padang mencapai Rp 65.000 per zak, besi ukuran 10 mm, Rp 35.000 per batang. Pasir kasar, berkisar Rp 400.000 sampai Rp 600.000 per truk dan pasir halus Rp 700.000 per truk. “Bisa saja dalam waktu dekat ini, harganya naik lagi,” ucap Andi, seorang pemilik toko bangunan Andi di Pasar Sibuhuan.


MedanBisnis – (maulana syafii)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  UN SMP di Madina lulus 100%

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*