Harga Bawang Merah di Gunung Tua Naik Drastis

Paluta,  Harga bawang merah di pasar tradisional Gunung Tua dan sekitarnya, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengalami kenaikan drastis.

Awalnya dijual Rp 18 ribu perkilogram hingga Rp 20 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Kenaikan harga bawang merah ini, dipicu oleh berkurangnya pasokan. Dari pantauan, bawang merah memang tidak sebanyak bumbu dapur lainnya. Itupun kualitasnya tidak terlalu bagus. Sementara sayuran serta bumbu dapur lainnya stoknya berlimpah.

Tina Siregar (29) warga Gunung Tua kepada Analisa, Rabu (6/8), mengatakan, sudah sejak H+5 lebaran harga bawang merah di pusat pasar Gunung Tua mengalami kenaikan. Kenaikan harga bawang merah ini merangkak naik secara bertahap, dan tidak tahu pasti apa penyebabnya.

Ia menuturkan, harga komoditas lain seperti cabai, tomat, dan sayur mayur masih stabil. Kalaupun ada kenaikan tidak terlalu seperti kenaikan pada bawang merah.

“Kita heran kenapa naiknya setelah Ramadan dan lebaran. Karena waktu lebaran dan bulan Ramadan lalu memang sedikit mengalami kenaikan tapi tidak terlalu tinggi seperti saat ini,” ujarnya.

Ibu anak satu ini pun meminta agar pemerintah melalui pihak terkait melakukan operasi pasar untuk mencegah permainan harga di berbagai pasar di wilayah Gunung Tua khususnya dan umumnya Paluta.

Terpisah Uma Rizki pedagang sayur di Pasar Gunung Tua, menuturkan hanya bawang merah yang harganya bergejolak. Jika pekan lalu masih dikisaran harga Rp 20 ribu per kilogram, hingga naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit, bawang putih, tomat, sayur-sayuran masih stabil. (ong)

Baca Juga :  Alamak...!, Gara - Gara Ikut Pilkades, Pria Ini Dicoret Dari Warga Desa

/Analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*