Harga Cabai Merah di Panyabungan Rp 60.000/Kg


Melayani Pembeli Terlihat aktivitas pedagang cabai merah di Pasar Baru Panyabungan ketika melayani pembeli. (medanbisnis/zamharir rangkuti)Panyabungan. Menjelang hari Raya Idul Adha, harga cabe merah di pasar-pasar tradisonal yg ada di Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), saat ini mengalami kenaikan signifikan. Beberapa hari sebelumnya harga cabai merah Rp Rp 45.000/Kilo Gram, hari ini mencapai Rp 60.000/Kilo Gram.

Para pedagang menyebutkan kenaikan harga cabai ini diakibatkan pasokan cabai dari daerah penyuplai, Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, mengalami kekosongan. Sedangkan pasokan berasal petani daerah itu berkurang akibat belum masa panen.

Erna keliru seorang pedagang pada Pasar Baru Panyabungan pada MedanBisnis, Senin (lima/9) mengatakan kenaikan harga cabai tadi mulai terjadi pada hari ini, di mana pada beberapa hari-hari sebelumnya masih pada keadaan normal.

Ketua Dinas Perindustrian serta Perdagangan, Pasar, Koperasi serta UKM Madina Lis Mulyadi, melalui Kabid Perdagangan Pangidoan saat dikonfirmasi membenarkan kenaikan harga cabe tersebut.

“Kita sudah melakukan pengecekan ke pasar tadi pagi, harga cabai per kilo gramnya sudah mencapai Rp 60.000 perkilo gramnya,” ujarnya.

Berasal pantauan di lapangan akibat dari naiknya harga cabai merah tersebut menghasilkan para ibu tempat tinggal tangga terpaksa mengurangi stok belanja buat keperluan rumah tangganya. “Terpaksa kita kurangi sebab harga terlalu pedas, sama menggunakan namanya. Ini memang sudah sebagai norma jelang Idul Adha harga cabe terus naik,” ujar Waddah Lubis. (zamharir rangkuti)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Proyek APBD di Batang Onang Kabupaten Paluta Sarat KKN

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*