Harga Cabai Merah di Sidimpuan Rp 100.000/Kg

Pedagang Pedagang sayuran di Pasar Sangkumpal Bonang umumnya menaikkan harga yang umum terjadi menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 H. (medanbisnis/ikhwan nasution)


Pedagang Pedagang sayuran di Pasar Sangkumpal Bonang umumnya menaikkan harga yang umum terjadi menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 H. (medanbisnis/ikhwan nasution)P Sidimpuan. Harga cabai merah di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota PadangSidimpuan, mencapai Rp 100.000/kg. Harga cabai merah tersebut menjadi sejarah harga cabai merah tertinggi yang terjadi menjelang Idul Adha.

“Mahal harga cabai,” ujar Nur (37) seorang ibu rumah tangga usai berbelanja di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan, Kamis (8/9).

Dia mengakui harga cabai pada sore hari mencapai Rp 100.000/kg. “Kalau tadi pagi harga cabai merah baru Rp 85.000/kg, namun pada sore harinya drastis mengalami kenaikan dengan harga Rp 100.000/kg. Saya jadinya membeli seperempat kilo saja dengan harga Rp 25.000,” katanya.

Sejumlah pedagang mengatakan bahwa kenaikan harga jual cabai merah di Kota Padangsidimpuan terjadi sejak seminggu terakhir. Semula harganya Rp 60.000/kg, dan terus mengalami kenaikan setiap hari hingga mencapai Rp 85.000/kg hingga Rp 100.000/kg. Kenaikan harga cabai disebabkan pasokan cabai dari luar daerah yang cukup sedikit, sedang produksi cabai lokal tidak dapat memenuhi permintaan pasar.

“Cabai yang kita jual didatangkan dari Siborong-borong, Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Berastagi. Di sana barangnya banyak tapi biaya ongkosnya mahal makanya harganya tinggi,” ujar pedagang Nurlan Simamora.

Dikatakan, harga cabai merah setiap saat bisa berubah, dan tidak tertutup kemungkinan, harganya naik dan bisa juga turun hanya selang waktu satu atau dua hari saja. Kenaikan harga tidak hanya terjadi pada cabai, harga bawang merah juga mengalami kenaikan.

Baca Juga :  KDH Se Tabagsel Harus Sikapi Kabut Asap

“Harga bawang merah saat ini ditawarkan Rp 40.000/kg dari harga Rp 20.000/kg seminggu sebelumnya, cabai rawit Rp 50.000/kg dari harga sebelumnya Rp 30.000/kg. Harga tomat Rp 15.000/kg dari sebelumnya Rp 8.000/kg,” katanya.

Kenaikan harga kebutuhan menjelang hari Raya Idul Adha setiap tahunnya sudah hal yang biasa terjadi. Namun khusus harga cabai pada tahun ini kenaikannya luar biasa terjadi.

Sejauh ini Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan belum melakukan upaya mengatasi masalah kenaikan harga yang terjadi di pasar. “Sangat disayangkan pemerintah tidak ambil pusing terhadap kenaikan harga yang terjadi saat ini di pasar,” ujar pemerhati pembangunan di Padangsidimpuan Maruli Ritonga.

Dikatakan, seharusnya pemerintah tidak boleh membiarkan gejolak harga ini terjadi khususnya harga cabi merah yang kini mencapai Rp 100.000/kg. “Mana tugas TPID, mana Dinas Perindagnya, kenapa tidak turun ke pasar,” katanya kesal.

Sementara itu Kepala Dinas Perindag Kota Padangsidimpuan Nurman begitu juga dengan Kabid Perdagangannya Tosfitri tidak ada yang bisa dihubungi. Kabag Kesra Kota Padangsidimpuan selaku Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) juga tidak berhasil ditemui. Menurut stafnya Kabag ini sering ke luar daerah. “Kabag lagi ke Jakarta,” ujar salah seorang stafnya. (ikhwan Nasution)

/MedanBisnis –

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Seringnya Mutasi Pejabat Pj Bupati Dinilai Rusak Tatanan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*