Harga Cabai Merah di Tabagsel Capai Rp54 Ribu Per Kilogram

Dalam dua hari terakhir harga cabai merah tingkat pedagang di beberapa pasar radisional di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) terutama di Padangsidimpuan dan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melonjak tajam dari Rp40 ribu hingga mencapai Rp54 ribu per kilogramnya.

Pantauan Analisa di beberapa pasar, para pedagang mengakui naiknya harga cabai karena stok cabai merah menipis terutama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2011.

“Harga cabai merah memang meningkat tajam dalam dua hari terakhir dari Rp40 ribu menjadi Rp54 ribu kerena berkurangnya pasokan dari petani sehingga harga melonjak” ujar Mansur Nasution pedagang kebutuhan dapur di Pasar Baru Panyabungan, Jumat (31/12).

Menurutnya, naiknya harga cabai merah tidak serta merta membuat pedagang untung, akan tetapi malah merugi karena permintaan konsumen pun menurun drastis mencapai 50 persen. Sementara pembelian padagang kepada petani cabai sudah mahal.

“Kita merugi bukan malah untung dengan harga cabai yang naik, bayangkan sudah barangnya sedikit harga pembelian kitapun ikut naik, sementara pembeli berkurang” keluhnya.

Hal senada juga disampaikan Boru Regar, pedagang di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan akibat naiknya harga cabai menjadikan dagangannya tiap harinya menjadi sisa dan bahkan sebagian sudah mulai membusuk.

“Sama-sama sudah kita ketahui harga kebutuhan pokok terus naik, tentunya konsumen berpikir untuk membelanjakan uangnya untuk keperluan dapur yang dianggap kurang perlu. Kita berharap agar harga jangan terlalu drastis naiknya,” harapnya.

Baca Juga :  "Setan Merah" Bakal Ikat Evra Lebih Lama

Hotmiah ibu rumahtangga mengatakan, begitu cepatnya harga cabe naik mengurangi pembelian biasa dalam satu minggu membeli 1 Kg, kali ini dikurangi menjadi menjadi 1/4 Kg. “Keperluan lainkan masih banyak yang lebih penting, apalagi harga kebutuhan pokok lagi melonjak, jadi saya terpaksa mengurangi pemakaian cabai merah beralih ke cabai rawit karena harganya lebih murah,” jelasnya. (sah)-(analisadaily.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*