Harga Cabai Naik 100 Persen Lebih

3447737p Harga Cabai Naik 100 Persen LebihHarga cabai di Kota Dumai, Riau, naik dari Rp 30.000 per kilogram menjadi Rp 65.000/kg.

Berdasarkan data yang dihimpun, Rabu (7/7/2010), pembengkakan harga itu jarang terjadi pada sejumlah pasar tradisional di Kota Dumai.

Tak pelak, harga cabai menyebabkan warga kota itu, terutama kaum ibu rumah tangga, mengeluh karena tidak sebanding dengan daya belinya.

“Harga cabai merah yang saya beli tadi pagi Rp 60.000/kg. Harga ini pun naik-turun, sebentar harga Rp 60.000/kg, tidak lama kemudian harganya sudah Rp 65.000/kg,” kata Buriah (40), warga Jalan Ombak yang juga seorang pemilik Rumah Makan Ampera.

Padahal, dia kemarin membeli komoditas itu Rp 30.000/kg. “Pokoknya harga cabai merah sekarang ini kayak mau beli emas, harganya naik-turun,” ujarnya.

Menurut Buriah, kenaikan harga cabai merah yang kebanyakan masuk dari Sumatera Barat dan Sumatera Utara itu memberatkan kaum ibu rumah tangga karena hampir setiap hari bergulat dengan urusan dapur dan masak-memasak yang tidak lepas dari komoditas tersebut.

Buriah yang sering berbelanja kebutuhan dapur di Pasar Payung Sukajadi ini mengaku memerhatikan fenomena kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok yang setiap tahun, apalagi menjelang bulan puasa yang selalu mengalami kenaikan.

Namun, kata dia, sekarang ini lebih terasa mencekik mengingat pada waktu yang hampir bersamaan harga kebutuhan keluarga lainnya pun meningkat.

Baca Juga :  Malapetaka Besar akibat Merkuri Mengancam Indonesia

Ibu tiga anak ini mengeluhkan kenaikan harga yang bersamaan dengan tahun ajaran baru 2010/2011. “Bagi kami yang punya uang hanya pas-pasan, kondisi seperti ini sangat terasa. Terkadang kami pinjam uang sana-sini untuk keperluan anak sekolah,” tuturnya.

Sementara Purwan (50), warga Jalan Cempedak, Kecamatan Dumai Timur, mengatakan, saat ini tidak hanya harga cabai melambung, minyak tanah pun langka dan mahal di pasaran.

“Di tingkat pengecer harga minyak tanah bisa mencapai Rp 8.000/liter. Sudah mahal, langka pula. Jika pakai gas, saya takut meledak seperti kejadian-kejadian yang tampak di televisi,” kata wiraswasta ini.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2010/07/07/22552327/Harga.Cabai.Naik.100.Persen.Lebih-14

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*