Harga Daging Sapi Tembus Rp. 85 Ribu Per Kg Di Padangsidimpuan

Harga daging sapi dan kerbau sehari menjelang Ramadan di Kota Padangsidimpuan (Psp) mengalami kenaikan. Jika sebelumnya, harga daging sapi Rp75 ribu per kilogram (kg), saat ini sudah mencapai Rp80 ribu sampai Rp85 ribu per kg.

5896895d9d20726720d7c002bc2fbddb3cb54ac Harga Daging Sapi Tembus Rp. 85 Ribu Per Kg Di Padangsidimpuan
Harga Daging Sapi Tembus Rp85 Ribu Per Kg

Pantauan METRO, sejak Senin (9/8) lalu, harga daging sapi dan kerbau di pasar daging Pajak Batu, Pasar Sangkumpal Bonang di kisaran Rp80 ribu sampai Rp85 ribu per kg. Meskipun harga daging sapi dan kerbau mengalami kenaikan, namun tetap saja laris manis di pasaran. Sejumlah pembeli tidak menghiraukan kenaikan harga daging, bahkan ada beberapa pembeli takut tidak kebagian daging. Naiknya harga daging sapi menjelang puasa ini dikarenakan permintaan masyarakat terhadap daging semakin meningkat.

Irma (35), ibu rumah tangga yang mengaku tinggal di Padang Matinggi Kecamatan Psp Selatan mengaku sangat terkejut dengan kenaikan harga dagimg sapi dan kerbau.

“Jelas kita terkejut mahalnya harga daging (sapi dan lembu, red), karena kemarin kata tetangga sewaktu membeli, daging masih Rp75 ribu per kg. Sedangkan hari ini sudah mencapai Rp80 ribu sampai Rp85 ribu per kg. Tapi mau bagaimana lagi, tak makan daging di sahur pertama rasanya ada yang kuranglah, dan setiap tahunnya memang biasa kami beli daging untuk makan sahur pertama,” ujar Irma saat berbelanja di sekitaran Pasar Sangkumpal Bonang, Selasa (10/8).

Andi dan Muda penjual daging sapi dan kerbau di sekitaran Pasar Sangkumpal Bonang mengatakan, kenaikan harga daging hingga level Rp85 ribu per kg, merupakan hal biasa dan sudah diprediksi sebelumnya.

“Kenaikan harga datangnya dari para toke kerbau dan sapi. Memang sudah biasa setiap tahunnya menjelang puasa dan hari raya harganya naik, serta masih dalam wajar kenaikannya,” ujar keduannya.

Harga Daging Ayam Tidak Naik

Sementara itu, Ahmad, penjual daging ayam potong mengatakan, harga daging ayam tidak ada mengalami kenaikan. Harganya masih sama dengan harga kemarin yakni Rp35 ribu per kg. “Untuk harga daing ayam tidak ada kenaikan. Masih sama kok dengan harga kemarin, walaupun kenaikan permintaan pembelian dari masyarakat cukup tinggi saat ini,” jelas Ahmad.

Di Madina Rp90 Ribu Per Kg

Sehari menjelang Ramadan, harga daging sapi dan kerbau di beberapa pedagang daging yang ada di pasar mingguan mencapai Rp90 ribu per Kg. Namun harga tersebut sedikit berbeda dengan harga di Pasar Baru Panyabungan yakni Rp80 ribu per kg. Padahal, beberapa hari lalu harga daging masih Rp60 ribu sampai Rp65 ribu per kg.

Baca Juga :  Pilkada P.Sidimpuan : Terancam di Ulang - Di duga Penguasa Intervensi dan Penyelenggara Tidak Independen

Pantauan METRO di Pasar Sinonoan Kecamatan Siabu, Madina, Selasa (10/8) sore, ada sekitar 10 pedagang daging sapi dan kerbau. Sejak pagi hari, mereka mengaku sudah berada di Pasar Sinonoan untuk menjual daging mengingat Rabu (11/8) adalah hari pertama pelaksanaan bulan puasa.

Syafii (35), seorang pedagang daging menjelaskan, dirinya hanya penjual daging tahunan. Artinya, dia menjual daging lembu dan kerbau hanya untuk hari pertama pelaksanaan bulan puasa saja. Sedangkan untuk hari lainnya, dia sebagai petani.

Di dampingi pedagang lainnya, Syafii menjelaskan, mereka menjual daging sapi seharga Rp90 ribu per kg pada pagi hingga siang hari.

“Paginya kami jual seharga Rp90 ribu per kg, dan harga ini bertahan hingga siang harinya. Kemudian sorenya kami pedagang sepakat untuk menurunkan harga Rp10 ribu per kg, karena dagangan kami masih terlihat banyak sehingga dengan sendirinya harga kami turunkan,” sebut Syafii, Selasa (10/8).

Sementara itu, pedagang daging di Pasar Baru Panyabungan mengaku menjual daging sapi atau kerbau hanya sekitar Rp80 ribu per kg sejak pagi hingga sore hari. Namun karena daging yang dijual masih banyak tersisa, akhirnya harga diturunkan menjadi Rp70 ribu per kg. “Karena sorenya daging yang kami jual masih tersisa sekitar sekitar 1/3 lagi, maka kami sebagai pedagang tahunan sepakat juga untuk menurunkan harga menjadi Rp70 ribu per kg. Daging hanya banyak dikonsumsi masyarakat di hari pertama puasa dan hari terkahir puasa untuk persiapan lebaran,” terang Umar Nasution (52), pedagang daging di Pasar Baru Panyabungan.

Para pedagang daging mengaku jika tahun ini penjualan daging menurun dibandingkan sehari menjelang puasa tahun lalu. Pada tahun lalu, para pedagang menghabiskan daging dagangannya pada sore harinya, namun untuk saat ini, saat ditemui METRO sekitar pukul 17.00 WIB, para pedagang daging mengaku masih banyak dagangannya yang tersisa. Bahkan masih ada yang belum sempat menghabiskan tiga perempat dari 1 ekor daging kerbau yang disiapkan.

“Tahun lalu untuk menghabiskan 1 ekor daging kerbau hanya sampai sore hari. Tapi tahun ini sudah hampir maghrib, masih banyak pedagang yang dagangannya tersisa hingga sepertiga dari 1 ekor kerbau atau lembu yang dijual. Kami rata-rata menjual 1 ekor sapi atau kerbau untuk setiap pedagang,” terang Umar diamini Porngis, pedagang daging di Pasar Baru Panyabungan. Sementara untuk harga tulang sup, para pedagang mengaku menjual Rp40 ribu per kg. (wan)

Baca Juga :  Kasus PS Sidimpuan Segera Disidangkan

Di Paluta, Rp80 Ribu Per Kg

Sehari menjelang bulan Ramadan, harga daging sapi di Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengalami kenaikan. Jika sebelumnya harga daging sapi Rp70 ribu per kilogram (kg), saat ini menjadi Rp80 ribu per kg.

Salah seorang pedagang daging, G Harahap (44), kepada METRO, Selasa (10/8) mengatakan, naiknya harga daging sapi menjelang bulan puasa ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya. Sebab, permintaan masyarakat terhadap daging sapi untuk punggahan semakin meningkat.

“Harga daging sapi terus akan mengalami kenaikan hingga menjelang lebaran nanti. Saat ini harga daging mencapai Rp80.000 per kg. Itu juga disebabkan karena harga yang dipatok agen sapi di Paluta cenderung mengalami kenaikan,” sebutnya.

Salah seorang pembeli, Anni Siregar (31) mengatakan, saat ini dirinya harus bisa berhemat karena semua harga kebutuhan bahan pokok termasuk daging sapi mengalami kenaikan. “Dek, saya tidak tahan mendengar di mana-mana harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang sangat drastis, sehingga harus berhemat,” ungkapnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Harga_Daging_Sapi_Tembus_Rp85_Ribu_Per_Kg

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*