Harga Gula Aren Di Sipirok Rp. 12 Ribu per Kg, Sebelumnya Rp. 8.500 per Kg

www.metrosiantar.com

SIPIROK-METRO; Harga gula aren di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, terus mengalami kenaikan. Saat ini harga komoditas andalan warga Sipirok ini Rp12 ribu per kilogram (Kg). Padahal, beberapa hari lalu masih Rp8.500 per kg. Kenaikan harga dipicu minimnya pasokan dari pembuat gula aren sedangkan permintaan cukup tinggi.

Salah seorang pengumpul gula aren di Pasar Sipirok, Panusunan Sitompul (39) melalui istrinya boru Siregar, kepada METRO mengatakan, sebulan terakhir harga gula aren secara bertahap terus mengalami kenaikan.

“Setiap hari pekan (Kamis) dalam sebulan terakhir ini, harga gula terus beranjak naik Rp500 hingga Rp1.000 perkilo setiap minggunya,” katanya, Kamis (11/3).

Ditambahkannya, dalam 4 pekan terakhir harga gula aren terus naik. Pada awal Pebruari lalu harga gula aren berkisar Rp9 ribu hingga Rp9.500 per kg di tingkat tukang timbang atau Rp8.500 sampai Rp9 ribu per kg di tingkat masyarakat perajin gula. “Namun sejak saat itu, harga gula aren terus naik antara Rp500 sampai Rp1.000 per kg. Saat ini harga di tingkat tukang timbang menjadi Rp12 ribu per kg,” ujarnya.

Menurutnya, kenaikan harga gula aren disebabkan pasokan terbatas dari masyarakat perajin. “Kebutuhan gula di perkotaan terus meningkat sesuai dengan permintaan. Padahal di tingkat masyarakat yang memproduksi bahan semakin berkurang,” katanya.

Ia menambahkan, selama ini rata-rata setiap Minggu bisa mengumpulkan dan mengirimkan gula aren ke Kota Medan sekitar 3 ton. Namun, sebulan terakhir hanya mengirim berkisar 1,8 ton hingga 2,1 ton per Minggu. “Biasanya 3 ton seminggu kali, ini sekitar 1,8 ton hingga 2,1 ton. Mungkin produksi gula berkurang di tingkat masyarakat,” pungkasnya. (ran)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Objek Wisata di Madina Butuh Perhatian Pemkab

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*