Harga Ikan Semakin Mahal di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan

Harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (15/1/2011), masih terus naik disebabkan sebagian nelayan tidak melakukan aktivitas melaut akibat cuaca kurang bagus.

Pedagang ikan di Pasar Halat Medan, Erwin, mengatakan, harga ikan yang mahal itu karena sedikitnya pasokan barang dari nelayan, sehingga pengiriman barang ke pedagang juga berkurang. “Akibat faktor cuaca yang ektrem seperti curah hujan yang tinggi dan angin kencang menyebabkan banyak nelayan yang takut melaut sehingga stok dipedagang semakin menipis,” katanya kepada Antara.

Sedikitnya pasokan ikan itu membuat pedagang terkadang tidak mampu menyediakan stok yang cukup untuk memenuhi permintaan dari konsumen. Dia mengakui, permintaan dari konsumen cukup banyak, tidak hanya dari kalangan ibu rumah tangga melainkan juga dari pengusaha rumah makan.

“Belum dapat dipastikan apakah harga akan naik kembali atau justru mengalami penurunan, karena hingga kini pasokannya belum stabil. Sementara itu, Rahman, pedagang ikan di Pusat Pasar Medan mengakui berkurangnya pasokan ikan dari nelayan. Kini dia hanya mampu memasok barang sekitar 90 kilogram (kg) per hari, padahal biasanya mencapai 150 kg setiap harinya.

Kenaikan harga harga ikan itu berkisar dari Rp10.000 hingga Rp20.000 per kg. Harga ikan yang mahal itu diantaranya ikan dencis dari sebelumnya masih berkisar Rp18.000 per kg kini mencapai Rp25.000 per kg, ikan gembung dari Rp20.000 menjadi Rp30.000 per kg.

Baca Juga :  ORANG TOBA - Dengan Tarombo Sianjur Mula-Mula

Selain itu, ikan kakap yang sebelumnya Rp30.000 per kg menjadi Rp50.000 per kg, ikan senangin dari Rp30.000 per kg kini mencapai Rp50.000 per kg untuk ukuran besar. Ikan bawal dari Rp30.000 menjadi Rp50.000 per kg dan ikan tongkol dari Rp20.000 per kg menjadi Rp25.000 per kg. (tribun-medan.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*