Harga Karet Naik Rp1.000 per Kg di PALAS

Senin, 01 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

sadap karet1 Harga Karet Naik Rp1.000 per Kg di PALAS
Harga Karet Naik Rp1.000 per Kg di PALAS

PALAS-METRO; Harga karet di Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengalami kenaikan sebesar Rp1.000 per kilogram (kg). Kenaikan itu berlangsung sejak sepekan terakhir. Sementara harga kelapa sawit relatif stabil.

“Kita berharap pemerinatah di bawah kepimpinan presiden SBY bisa menekan kenaikan komoditi pertanian,” ujar pedagang pengumpul sawit wilayah Luat Gading, Kabupaten Palas, Kudin Hasibuan (40), kepada METRO, Minggu (31/1).

Dijelaskan Kudin, harga sawit saat ini sekitar Rp1.100 per kilogram, sedangkan karet Rp9 ribu per kilogram. Padahal, pekan lalu masih Rp8 ribu per kilogram.

Yusuf Hidayat, petani sawit di Sosa, Kecamatan Sosa, berpendapat apabila harga komoditi pertanian yang dihasilkan petani mengalami kenaikan maka petani turut sejahtera. “Kalau harga sawit naik, otomatis kehidupan warga akan sejahtera,” sebutnya.

Warga berharap, kalau bisa pemerintah bisa menaikkan harga karet sampai Rp12 ribu per kilogram dan sawit Rp2 ribu per kilogram demi tercapainya kesejahteraan petani. (amr)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*