Harga Karet Rp. 13 Ribu Per Kg di Paluta

Harga getah karet di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sejak dua pekan terakhir mengalami kenaikan. Jika sbeelumnya, harga karet Rp10.500 per Kg, saat ini menjadi Rp13 ribu per Kg. Sedangkan harga sawit di tingkat penampung masih di kisaran Rp1.200 per Kg.

Salah seorang petani karet, S Pohan (49), warga Pagaran Tonga, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta kepada METRO, Jumat (13/8) mengaku, kenaikan harga karet tersebut sangat menggembirakan petani. Perekonomian petani pun sedikit terbantu, apalagi saat ini memasuki bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kita sangat bersyukur kalau harga karet naik begini. Kita kan senang, apalagi bulan Ramadan ini semua harga kebutuhan sehari-hari rata-rata naik semua. Apalagi sudah dekat hari raya Idul Fitri. Kita berharap mudah-mudahan harga karet tidak turun lagi dan stabil, yakni di kisaran Rp12.500-Rp13 ribu per Kg,” ucapnya. “Ini merupakan kenaikan yang luar biasa, karena sebelumnya paling tinggi kenaikan harga karet hanya sekitar Rp10.000 per Kg,” tambahnya.

Di tempat terpisah, salah seorang toke karet Saharlutan Harahap mengatakan, harga karet saat ini mulai melambung. Kondisi ini jarang terjadi, bahkan hingga harga karet mencapai level Rp13.000 per Kg. “Kenaikan harga karet hingga ke level ini, luar biasa sekali kenaikannya. Kenaikan harga ini disebabkan permintaan dari pabrik meningkat, sehingga harganya pun naik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tuntutan Imam Gozali Harahap Di Kabulkan - MA Perintahkan BPN Tapsel Cabut 25 SHM Yang Diterbitkannya

Saharlutan berharap harga jual sawit juga bisa bergerak naik hingga ke level Rp1.500 per Kg. Pasalnya, harga sawit saat ini masih tegrolong rendah, yakni sebesar Rp1.200 per Kg.

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/Harga_Karet_Rp13_Ribu_Per_Kg

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*