Harga Kebutuhan Pokok di Madina Melonjak

Panyabungan, (Analisa)

Harga Kebutuhan Pokok di Madina Melonjak

Dalam beberapa hari terakhir sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami kenaikan terutama untuk harga beras. Sementara harga getah karet masih stabil berkisar antara Rp.9.500 – Rp.13.000 Per kilogramnya.

“Meskipun harga getah karet pada saat ini relatif stabil akan tetapi harga kebutuhan pokok meroket yang mengakibatkan tidak ada begitu berpengaruh bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” jelas Mara Halim Nasution warga Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal kepada wartawan, Kamis (11/2).

Dijelaskannya, harga kebutuhan pokok yang membuat warga resah adalah naiknya harga beras dari Rp.25.000 satu tabung (4 Kg) menjadi Rp.32.000, sehingga per kilogramnya mencapai Rp.8.000 per kilogram. Begitu juga dengan harga gula pasir, minyak goreng dan bahkan harga cabe merah cukup mengejutkan masyarakat.

“Jadi dengan naiknya harga getah karet dalam beberapa bulan ini yang dibarengi dengan naiknya berbagai kebutuhan pokok otomatis tidak begitu berpengaruh akan peningkatan ekonomi masyarakat. Sehingga masyarakat tetap merasa tidak bergairah,” ujarnya.

Hal senada disampaikan petani sawah Halimah Dalimunthe warga Gunungtua Kecamatan Panyabungan yang mengakui kenaikan sejumlah bahan pokok tersebut benar – benar membuat ekonommi keluarganya menjadi tidak stabil. Apalagi panen padi pada saat ini menurun drastis.

“Kita ketahui panen masyarakat pada musim panen tahun ini sangat merosot dari sebelumnya akibat serangan berbagai hama, ada yang hanya memperoleh 25 persen dan paling tinggi berkisar 50 persen ditambah lagi harga kebutuhan pokok melonjak. Tentunya itu sangat memberatkan bagi masyarakat karena itu kita berharap agar ada kebijakan pemerintah untuk mencari solusi atau membuat operasi pasar murah,” harapnya. (sah)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 13 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Isu Jual Kursi CPNS Merebak di Palas - S1 Rp. 100 Juta, SMA Rp. 60 Juta

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*