Harga Salak Sidimpuan Melonjak

Akibat kian minimnya pasokan buah salak dari kawasan Padangsidempuan Tapsel, tak terhindari pasaran harga salak pun melonjak capai Rp 10 ribu/Kgnya dari biasanya hanya Rp 5000/Kgnya.Padahal tak guna heran bila salak asal dari sana kini merambah hingga pemasarannya sampai di kota Medan sekitarnya.

Udin Tumanggor (45) pedagang salak bersama rekannya Iqbal Siregar (30) ditemui Kamis (20/09/2012) mengaku pasokan salak belakangan ini kian merosot akibat tidak musim panen, mereka senggaja datangkan salak asal Padangsidempuan sebanyak 40 goni atau satu mini bus guna dipasarkan di kawasan Jalan Marelan Raya Pasar 4 Kecamatan Medan Marelan .

“Tempo 3 hari saja, salak-salak yang kami tumpukkan di pinggir jalan ini ternyata laris manis dengan harga bervariasi mulai Rp5000/kgnya hingga Rp 10 ribu/Kgnya yang diminati para pengguna jalan yang melintas,” kata Tumanggor sembari melayani pembeli buah salak yang dijualnya.

Pedagang salak asal padangsidempuan ini mengaku, saat ini di kampungnya memang sedang tak panen buah salak sehingga harga salak disana juga naik.Tumanggor juga mengaku, modal awal memborong buah salak yang rasanya manis asal padangsidempuan ini mencapai Rp5 juta, lumayanlah bang keuntungan dari modal segitu bisa capai Rp1,5juta dalam 3 hari ini.Ungkapnya.

Iwan (48) selaku pembeli buah salak mengaku berminat membeli salak asal Padangsidempuan karena memang salak dari sana rasanya manis serta daging buahnya tebal lagipula harganya masih terjangkau ketimbang membeli salak di sejumlah minimarket maupun di pasar kota-kota besar lainnya.

Baca Juga :  Empat Rumah Terbakar di Sidimpuan kerugian ditaksir mencapai Rp200 juta

“Aku senggaja membeli 10 Kg bang, sebab sampai di rumah aku buat manisan untuk dijual kembali, soalnya salak manisan didaerahku banyak yang berminat,”kata Iwan.(Gus/Mrl).

Sumber: sumutcyber.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

5 Komentar

  1. bg elen siregar
    pengusaha manisan mungkin belum ada disini bg
    tpi klo memang manisan salak bisa kita kembangkan saya bersedia bg
    saya petani salak bg .

  2. Bisa hub saya siapa yg punya usaha manisan salak di sidempuan sana.
    Email bungabaru@gmail .com
    Wap/ Line di +66 – 867886825 Elen Siregar .

  3. Saya sangat bangga dengan mutu salak sidimpuan yang semakin hari semakin membaik, saya harapkan kepada para petani salak khususny salak sidimpuan agar senantiasa menjaga mutu, jangan mengharapkan banyaknya yang dipanen, karena kalau mutunya baik (cukup tua) harganya pun bagus dan lama kelamaan pelanggan pun akan bertambah banyak. Saya penggemar salak sidimpuan karena saya pun lahir disidimpuan tepatnya di desa Hutapadang angkola julu. dan sekarang tinggal di Tanjung Morawa. Bagi saudara atau teman pembaca berita ini ada unek-unek yang akan aku sampaikan : Saya mempunyai sedikit kebun salak di pargarutan (3 ha) udah panen, tapi sampai sekarang tidak ada yang menjaga. bagi para pembaca yang mau bagi hasil pengelolaan hasil salak tersebut saya sangat berterima kasih. dan dapat dihubungi : Firman Nasution Hp. 081375088121. dan bisa dijual kebunnya dengan harga 150 juta bisa nego. wassalam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*