Harga Sawit di Tapsel Merangkak Naik

Illustrasi

Tapsel. Dalam sebulan ini harga sawit di daerah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sedikit mengalami kenaikan sekitar Rp 160/kg. Sedangkan harga getah karet masih harga murah yaitu kisaran harga Rp 450/kg – Rp 5.000/kg.
“Harga sawit sebelumnya hanya Rp 850/kg saat ini naik menjadi Rp 1.100/kg. Sementara harga getah karet di tingkat petani masih antara Rp 4.500/kg s/d Rp 5.000/kg,” kata A Nasution di Angkola Sangkunur, Tapsel, Minggu (1/11).

Dikatakan, kenaikan harga sawit setidaknya sudah membantu petani dalam menutupi biaya operasional dan pekerja kebun yang selama ini tidak tertutupi. “Kini dengan harga di atas seribu per kg sudah dapat mengupah pekerja dan merawat kebun sawit dengan baik, termasuk memupuk,” katanya.

Namun petani sawit juga tetap berharap harga sawit dapat naik, karena dengan baiknya harga sawit maka banyak masyarakat yang terbantu secara ekonomi.

Demikian juga harga getah karet yang tak kunjung naik ini justru menambah derita bagi petani karet. Mereka terpaksa harus mencari pekerjaan lain seperti menjadi buruh bangunan daripada pergi menderes ke kebut karet milik mereka karena upahnya yang tidak sebanding dengan capek kerjanya.

“Kami lebih memilih pekerjaan lain seperti buruh bangunan bang, karena harga karet masih tetap murah,” kata Safri petani karet di Sayur Matinggi Tapsel.

Menyikapi hal tersebut Ketua Komisi B DPRD Tapsel Drs H Ali Adanan Nasution berharap kepada pemerintah mencarikan solusi penguatan ekonomi masyarakat, khususnya mengatasi harga karet yang tetap murah saat ini.

Baca Juga :  Mahasiswa Makassar Sering Tutup Jalan, Tukang Becak dan Sopir Angkot Menjerit

“Dalam pandangan di DPRD kita selalu menyampaikan kepada pemerintah untuk berusaha keras mencarikan solusi dalam mendongkrak ekonomi masyarakat lebih baik, utamanya petani karet,” katanya.


MedanBisnis – (ikhwan nasution)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*