Hari ini Digelar Lomba Peneliti Belia Sumut 2011

Sebanyak 21 tim dari ber­bagai  sekolah setingkat SMP dan SMA di Sumatera Utara ba­kal mengadu kreativitas pada lomba Peneliti Belia Sumut 2011 di Restoran Avia Samu­dera Medan, Sabtu (3/12).

Demikian dikemukakan Pa­nitia Penyelenggara Lomba Pe­neliti Belia 2011 Roygun Tam­pubolon di Medan, kema­rin.

Roygun mengatakan, para siswa yang bertarung itu ber­asal dari tim SMP dan SMA Chan­dra Kusuma, SMA Metho­dist 3 Medan, SMA Negeri 3, SMK Negeri 3, Perguruan Sultan Iskandar Muda Medan, SMA Syafiyatul, SMP Wahidin, SMA Harapan dan lainnya.

Bidang ilmu yang diperlombakan program studi fisika, matematika, Ilmu Kom-puter dan Ekologi yang meliputi bio­logi, kimia, psikologi dan ling­kungan. Sedangkan tingkat seleksinya dibagi 3 tahap mulai regional (masing-masing pro­vinsi penyelenggara), tingkat nasional dan internasional.

Roygun Tampubolon me­nye­butkan, kegiatan ini merupakan kerjasama Harian Jurnal Medan dengan Surya Institute Jakarta dan HEARTINDO yang akan dibuka Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Drs Syaiful Syafri MM.

Selain itu, kata Roy, lomba penelitian belia untuk usia 14-18 tahun itu juga dirangkai dengan seminar dan workshop untuk guru dan siswa. Tujuan digelarnya lomba peneliti belia tingkat Sumatera Utara sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang sains dan mengembangkan penelitian di Sumut.

Sedangkan tujuan diselenggarakannya seminar ini untuk mengenalkan kepada para siswa dan guru metode penelitian yang sederhana, memberi informasi dalam mengembangkan penelitian yang sederhana di bidang matematika, fisika, komputer dan ekologi agar dapat dilaksanakan di sekolah.

Baca Juga :  KPK harus usut tuntas kasus BDB Sumut

Dijelaskannya, kepada ma­sing-masing bidang studi akan ditetapkan sebagai pemenang 1, 2 dan 3 dengan memperoleh medali, uang pembinaan serta sertifikat penghargaan.

“Peserta yang lolos pada seleksi ini berhak mewakili Su­matera ke ajang seleksi na­sional untuk seleksi ke tim in­ternasional ICYS yang akan diselenggarakan di Belanda yang dijadwalkan April 2012 mendatang,” sebut Roygun Tampubolon.

sumber : www.jurnalmedan.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*