Hari Ini Ujian CPNS di Depag Tapsel-Madina

Minggu, 15 November 2009 – www.metrosiantar.com

ujian penerimaan cpns

Direkrut 32, Tersingkir 1.138 Orang
TAPSEL-METRO; Walau hari Minggu (15/11) sebanyak 670 pelamar di Departemen Agama Tapanuli Selatan dan 500 pelamar di Mandailing Natal akan mengikuti ujian penyaringan masuk calon pegawai negeri sipil mulai pukul 07.30 Wib. Hanya 20 orang direkrut di Tapanuli Selatan dan 12 orang di Mandailing Natal. Artinya, sebanyak 1.138 orang dipastikan tersingkir.

Departeman Agama (Depag) Tapanuli Selatan (Tapsel) juga mewilayahi Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padang Lawas (Palas). Adapun 20 formasi CPNS yang akan direkrut adalah untuk jabatan tekhnik, pranata humas, analisis jabatan dan penyuluh. Nantinya 10 pelamar yang dinyatakan lulus akan ditempatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Paluta dan 10 CPNS lagi ditempatkan di KUA Palas.

Koordinator Kepegawaian Depag Tapsel, Salman Al Faris Harahap mengatakan, pelamar yang paling banyak datang dari analis jabatan serta penyusun program dan anggaran dengan jumlah pelamar masing-masing sekitar 200-an orang. Paling sedikit adalah pelamar formasi pranata humas dengan 20 orang pelamar. Lokasiujian sendiri berada di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madsarasah Tsanawiyah Swasta YPKS Padangsidimpuan.

“Sudah kita publikasikan lokasi ujian di MAN 1 dan MTs YPKS Padangsidimpuan. Persiapan ujian seperti nomor ujian sudah ditata sesuai nomor urutan bangku pelamar,” kata Salman sembari menambahkan, sesuai rencana, soal dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) akan tiba dari Depag Sumut Minggu dini hari pukul 05.00 WIB.

Untuk pengawasan, imbuh Salman, melibatkan tim panitia dari Kanwil Depag Sumut yang bertugas mengawasi pendistribusian soal dan LKJ sampai kemudian LKJ tersebut dikirim lagi ke Kantor Wilayah Depag Sumut.

“Pengambilan nomor ujian dan seleksi berkas sudah dilaksanakan 11 November hingga 13 November kemarin. Ada 3 berkas yang tidak memenuhi syarat mengikuti ujian karena faktor usia dan kesalahan mengambil pilihan formasi dengan jenjang pendidikan yang dibutuhkan,” katanya.

Baca Juga :  Papan Rambin Tiang Bendera Batunadua Lapuk

Dalam pengerjaan soal dan pemeriksaan LKJ Salman mengatakan pihak Depag bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI). “Namun lebih jelasnya, kita tunggu saja surat dari Menteri Agama,” pungkasnya.

Di Madina 12 Direkrut

SEMENTARA itu, 500 pelamar akan memperebutkan 12 kursi calon pegawai negeri sipil di Departemen Agama Kabupaten Mandailing Natal yang digelar di komplek Madrasah Tsanawiyah Negeri-Madrasah Aliyah Negeri Panyabungan di Jalan Lidang, Minggu pagi ini (15/11) pukul 07.30 Wib. Sehari sebelumnya, banyak peserta yang memilih menginap di Panyabungan agar bisa mengikuti ujian tepat waktu.

Uliyansyah (35), salah seorang peserta ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) asal Kota Medan mengaku sudah berangkat dari Medan sejak Jumat (13/11) dan memilih menginap di Hotel Madina Sejahtera, agar bisa mengikuti ujian sesuai jadwal yang dikeluarkan Departemen Agama (Depag) Mandailing Natal (Madina).

Kata Uliansyah, ujian CPNS kali ini merupakan yang terakhir yang bisa diikutinya karena usianya 35 tahun adalah usia maksimal yang bisa ikut tes penyaringan CPNS. “Sesuai surat edaran yang saya terima, batas usia untuk melamar CPNS hanya 35 tahun, sedangkan saya sudah berusia 35 tahun, ini adalah kesempatan terakhir bagi saya untuk menjadi PNS,” kata Uliansyah, Sabtu (14/11).

Uliansyah juga menyampaikan, bukan hanya dia pelamar dari Medan, tapi masih ada puluhan rekannya yang mengikuti ujian CPNS dengan harapan bisa lulus. Mayoritas yang melamar lulusan IAIN Sumut.

“Ada sepuluh kursi untuk tenaga pengelola nikah dan rujuk yang akan direkrut Depag Madina. Mudah-mudahan saya salah satu yang lulus,” harap Uliansyah.

Baca Juga :  Balita Tewas Hanyut di Bondar Batunadua

Pantauan METRO di hotel Madina Sejahtera, banyak penghuni hotel yang merupakan pelamar CPNS Depag Madina. Terlihat kesibukannya mereka seperti membaca buku panduan ujian dan buku undang-undang yang diyakini bisa membantu mereka dalam menjawab soal-soal ujian.

Bukan itu saja, pelamar yang berasal dari Kota Padangsidimpuan juga banyak memilih menginap di rumah-rumah sanak keluarganya agar bisa mengikuti ujian tepat waktu. Pasalnya, ujian akan dilangsungkan mulai pada pukul 07.30 WIB. “Kalau tidak dengan menginap, tidak akan bisa mengejar jadwal ujian,” Jelas Ismail, seorang pelamar berasal dari Sumatera Barat.

Untuk diketahui, hanya 12 CPNS yang akan direkrut Depag Madina sesuai dengan surat Sekretaris Jenderal (Sekjen) Depag Republik Indonasia (RI) Nomor :B.II/I-a/Kp.00.3/948/2009. Sepuluh kursi CPNS untuk untuk tenaga pengelola di Kantor Urusan Agama (KUA) yang akan ditempatkan di lima kecamatan. Sementara dua kursi CPNS lagi diperuntukkan untuk guru agama. (mag-02/phn)

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/hari-ini-ujian-cpns-di-depag-tapsel-madina/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*