Hari Pertama PSB – Pelamar Calon Siswa Membludak

Puluhan calon siswa dan orang tua siswa berdesakan saat menyerahkan formulir pendaptaraan di Sekretariat Panitia PSB SMA Negeri 1 Padang Bolak, Jalan Kihajar Dewantara, Lingkungan 7, Kecamatan Padang Bolak, Senin (22/6). – (Analisa/tohong p harahap)

Paluta, Hari pertama Penerimaan Siswa Baru (PSB) di SMA Negeri 1 Padang Bolak, Senin (22/6) langsung diserbu  orangtua siswa yang mengantarkan putra-putrinya untuk mendaftarkan diri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SMA Negeri tertua di Paluta ini tampaknya masih jadi pilihan utama dan favorit bagi lulusan SMP sederajat di wilayah Gunung Tua dan sekitarnya untuk melanjutkan pendidikannya.

Pantauan wartawan di SMA Negeri 1 Padang Bolak, sejak pendaftaran dibuka pukul 08.00 WIB antrean para orangtua bersama putra-putrinya sudah terlihat.

Meski dalam keadaan puasa, dengan sabar mereka menunggu giliran untuk dilayani oleh panitia pendaftaran.

”Anak saya, sudah banyak yang lulus dari SMA Negeri 1 Padang Bolak, Alhamdulillah semua diterima di Perguruan tinggi negeri yang membanggakan di Indonesia,” kata salah satu orangtua siswa H Siregar (55) yang mengantarkan putranya yang lulusan SMP Negeri 3 Padang Bolak yang mendaftar di hari pertama di SMAN 1 Padang Bolak.

Hal senada juga dikatakan orangtua siswa lainnya. Menurut mereka, SMA Negeri 1 Padang Bolak tetap jadi pilihan utama karena masih dinilai sebagai sekolah favorit. Namun, para orangtua siswa itu mengaku bingung dan cemas lantaran siswa yang diterima di SMA Negeri 1 Padang Bolak harus mengikuti seleksi dan ujian.

Baca Juga :  Tebing Longsor, Warga Gang Setia Kel. Batang Ayumi Jae, Kec. P.Sidimpuan Utara Resah

“Waswas juga lah dek, anak saya tidak diterima di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Di samping nilainya harus tinggi, juga harus lulus seleksi lagi,” kata Indra Harahap (38) perwakilan orang tua siswa ditemui wartawan, disela-sela menyerahkan formulir pendaptaran kepada Panitia.

Membludak

Informasi dihimpun wartawan, pada hari pertama di SMA Negeri 1 Padang Bolak jumlah pendaftar sudah mencapai sekitar 208 siswa. Jumlah ini dipastikan akan melonjak tajam memasuki hari kedua dan ketiga.

Kepala SMA Negeri 1 Padang Bolak H Ali Usman Siregar SPd dikonfirmasi melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Nurhanifa Harahap SPd didampingi Ramlah Harahap SPd mengungkapkan jumlah siswa SMP sederajat di Paluta dan sekitarnya yang mendaftar ke sekolah di SMA Negeri I Padang Bolak dihari pertama membludak dan ramai.

Nurhanifa menambahkan, setelah calon siswa mendaptar, mereka akan mengikuti seleksi test tertulis. Dan dilanjutkan test kemampuan siswa serta kesiapan para calon siswa untuk mengikuti segala aturan yang berlaku di SMA Negeri 1 Padang Bolak.

Penerimaan siswa baru ini juga terlihat diberbagai sekolah negeri dan swasta di Paluta. Hanya saja, para siswa dan orang tua masih mendaptar dan menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah negeri baik SD, SMP maupun SMA dan SMK sederajat. (ong)


Analisa

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Bupati Tapsel: Muara Batangtoru Miliki Potensi Besar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*