Hasil Panen di Madina Capai 5,23 Ton/Ha

Panen Raya Kadis Pertanian Peternakan Taufik Zulhandra Ritonga (ketiga kiri) saat panen raya di Kelurahan Kota Siantar Panyabungan. (medanbisnis/zamharir rangkuti)

Panyabungan. Hasil produksi panen padi petani sawah di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) periode Januari – April Tahun 2015 mencapai 5,23 ton/Ha. Produksi padi itu naik sekitar 600 kg/Ha dari tahun sebelumnya. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Peternakan Madina M Taufik Zulhandra Ritonga didampinggi Danramil 13 Panyabungan Kapten Inf A M Nasution di sela – sela panen raya di Kelurahan Kota Siantar, Kecamatan Panyabungan, Jumat (5/6). Taufik mengatakan, estimasi target hasil penen padi di Madina sudah mencapai target bahkan melebihi dari target nasional 4,5 ton/Ha atau naik 300 kg/Ha. Sebab diperkirakan petani masih bisa lagi melaksanakan 2 kali panen lagi pada tahun ini.

“Untuk panen yang sedang dilaksanakan di Kota Siantar di kelompok tani Harapan ini dari ubinan setelah ditimbang mencapai 8 ton/Ha. Namun sejak berdiri di Mandailing Natal rata – rata itu 4,7 ton/Ha dan Alhamdulilah saat ini sudah mencapai 5,2 ton/Ha,” ucapnya.

Katanya sesuai dengan program pemerintah pusat untuk swasembada pangan Tahun 2015 harus tercapai. Begitu juga di daerah itu target tanam untuk tahun ini 37.720 Ha menjadi 39.000 Ha dan ada surat keputusan Gubernur harus mencapai 43.230 Ha.

“Saat ini adanya demplot dengan TNI di Kota Siantar panen mencapai 8 ton/Ha dengan varietas Siherang. Semua data hasil produksi panen padi ini melibatkan pihak statistik untuk memastikan jumlah panen, agar jelas tidak ada kebohongan.

Baca Juga :  Chevron Incar WKP Sorik Merapi, Mandailing Natal

Sementara untuk target tanam 43.230 Ha mudah – mudahan bisa kita capai mengingat masih adanya 2 kali pertanaman lagi pada tahun ini,” jelasnya.

Ketua kelompok tani Harapan Asman Hasibuan mengatakan hasil panen pada periode ini meningkat dari sebelumnya. “Panen meningkat berkat bimbingan dan kerjasama pihak Dinas Pertanian melalui PPL dan TNI,” ujarnya. (zamharir rangkuti)


MedanBisnis –

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*