Hasil pilkada 7 daerah Sumut digugat ke MK

MEDAN – Calon kepala daerah di tujuh kabupaten/kota se-provinsi Sumatera Utara, yang kalah pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 12 Mei lalu, ramai-ramai mendaftarkan gugatan hasil pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara, Irham Buana Nasution, menyebutkan ke tujuh kabupaten/kota yang digugat adalah kota Medan, Binjai, Tebing Tinggi, kemudian kabupaten Pakpak Bharat, Toba Samosir (Tobasa), Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Asahan.

Namun, Irham tidak merinci calon walikota-wakil walikota maupun calon bupati-wakil bupati yang mendaftarkan gugatan ke MK. Sementara, berdasarkan data yang dihimpun oleh Waspada Online malam ini, diketahui yang melakukan gugatan tersebut adalah calon walikota-wakil walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan-Irham Taufik, serta calon bupati-wakil bupati Tobasa, Monang Sitorus-Mangatas Silaen.

Informasi lain, hasil pilkada kota Medan putaran pertama 12 Mei lalu digugat calon walikota-wakil walikota kalah M Arif Nasution-Supratikno WS. PAsangan ini juga menggugat hasil pilkada dengan membawa-bawa nama calon pasangan walikota-wakil walikota yang dibatalkan menjadi peserta pilkada Medan oleh KPUD Medan. Arif-Supratikno menuntut agar pilkada diulang dengan mengikutsertakan pasangan Rudolf M Pardede-Affifudin Lubis.

Sedangkan terhadap hasil pilkada empat  kabupaten/kota lainnya, belum diketahui siapa yang melakukan gugatan.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=117059:hasil-pilkada-7-daerah-sumut-digugat-ke-mk&catid=77:fokusutama&Itemid=131

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Korupsi Syamsul Dinikmati Orang-orang Kuat di Sumut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*