Hasil Pilkades Diumumkan Senin

Jumat, 06 November 2009 – www.metrosiantar.com

pilkades

TAPSEL-METRO; Kamis (5/11) merupakan hari yang bersejarah bagi sekitar 91 desa yang ada di 10 kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) untuk menentukan pemimpin di desanya masing-masing. Sampai-sampai Bupati Tapsel, Kapolres Tapsel, Dandim, dan unsur muspida plus memantau jalannya pilkades di Desa Sitampa Simatoras Kecamatan Batang Angkola. Dan direncanakan hasil pilkades diumumkan Senin (9/11).

Sebelumnya, Bupati Tapsel, Ongku P Hasibuan dalam sambutannya mengatakan, setelah pemilihan kepala desa maka akan dilangsungkan pelantikan kepala desa terpilih 15 hari setelah pemilihan dilaksanakan.

Selain itu dirinya meminta kepada panitia pilkades untuk menjamin sedemokratis mungkin agar pilkades berjalan dengan lancar, aman, tertib, teratur serta jujur dan adil. Kepada para masyarakat disarankan agar dapat memberikan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani yang jernih, serta kepada para calon kepala desa bagi yang menang agar dapat memikul beban di pundaknya yang sangat berat untuk melayani masyarakat.

“Semoga pilkades ini tidak menimbulkan dampak negatif berupa perpecahan di desa, melainkan dapat mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat untuk membangun desa demi kemajuan dan kemakmuran,” pesannya.

Sementara itu Kepala Badan (Kaban) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tapsel, Drs H Rustam Efendi Hasibuan MM dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan pilkades ini berdasarkan SK Bupati Tapsel nomor 127/KPTS/2009 tanggal 16 Juli 2009 tentang pembentukan panitia pelaksana pemilihan kepala desa se-Tapsel.

Dikatakannya desa yang akan melaksanakan pilkades sebanyak 91 desa dari 10 kecamatan dengan jumlah cakades yang mendaftar sebanyak 293 orang dengan jumlah cakades laki-laki sebanyak 287 orang dan perempuan sebanyak 6 orang dengan tingkat pendidikan, SD sebanyak 8 orang, SLTP sebanyak 88 orang, SLTA sebanyak 180 orang, Diploma sebanyak 4 orang, dan Sarjana sebanyak 13 orang.

Dikatakannya, pelaksanaan pilkades ini dengan cara mencontreng gambar cakades dalam kertas suara yang berisikan pas foto cakades dan nomor urut.

Saat ini dari 215 desa yang ada di Tapsel setelah terjadinya penggabungan desa, 91 di antaranya akan menggelar pilkades yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 November, sedangkan 55 desa lagi direncanakan pada awal tahun 2010, dan sisanya sekitar 61 desa masih kepala desa defenitif atau desanya tidak terkena penggabungan desa dan ada dua kecamatan yang tidak mengadakan pilkades yakni di Kecamatan Angkola Selatan dan Muara Batang Toru.

Baca Juga :  Dua Pemain Naturalisasi Gabung Pelatnas Timnas U-23

Kecamatan yang akan melaksanakan pilkades yakni, Aek Bilah sebanyak 10 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 22 orang, Kecamatan Arse sebanyak 6 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan sebanyak 23 orang, Kecamatan Angkola Barat sebanyak 1 desa dengan cakades 4 orang, Kecamatan Marancar sebanyak 9 desa dengan cakades 31 orang, Kecamatan Angkola Timur sebanyak 8 desa dengan cakades sebanyak 26 orang, Kecamatan Batang Angkola sebanyak 9 desa dengan cakades 24 orang, Kecamatan Batang Toru sebanyak 3 desa dengan cakades sebanyak 7 orang, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) sebanyak 8 desa dengan cakades sebanyak 19 orang, Kecamatan Sipirok sebanyak 19 desa dengan cakades sebanyak 62 orang, dan Kecamatan Sayurmatinggi sebanyak 13 desa dengan cakades sebanyak 38 orang.

Dari 91 desa dari 10 kecamatan total Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 239 dengan kertas suara yang sudah disalurkan sebanyak 49.203 lembar, sementara untuk kotak suara satu buah per TPS.

Setelah tahapan pilkades selesai dan hasil suara sudah dihitung oleh panitia pemilihan kepala desa di masing-masing desa, maka dua hari sesudahnya akan dilakukan perhitungan kembali di kantor PMD Tapsel dan setelah itu 15 hari kemudian akan langsung dilakukan pelantikan kades terpilih.

Pilkades Batang Miha Gagal

Rencana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Batang Miha, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang seharusnya serentak di gelar Kamis (5/11) kemarin bersama 90 Pilkades se-Tapsel batal digelar akibat ketidaksiapan Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (PPKD) melihat situasi dan kondisi masyarakatnya.

Dikatakan Camat Kecamatan Sipirok, Amir Syam SSos bahwa kedua calon tersebut menurut warga masih mempunyai hubungan keluarga sehingga membuat warga kurang puas dengan kedua calon tersebut sehingga karena khawatir situasi tidak kondusif, maka PPKD tidak berani menggelar pilkades. Menurut Camat, pilkades di Desa Batang Miha kemungkinan besar akan dilaksanakan di bulan Februari tahun 2010 mendatang.

Sementara, untuk 18 desa lainnya yang menggelar Pilkades di wilayah Kecamatan Sipirok, ungkap Camat, berjalan lancar hingga didapatkan kades terpilih berkat kerja sama seluruh panitia, masyarakat, Satpol PP, Kepolisian, TNI, dan lainnya.

Baca Juga :  Membandel, Pedagang Di Padangsidimpuan Masih Jual Barang Kedaluwarsa

Di mana kades terpilih untuk 18 desa yaitu di Desa Kilang Papan terpilih Anwar Sanusi Siregar, di Desa Sampean Bustami Ritonga, Desa Hasang Marsada Mara Usin Siregar, Desa Sialaman Kaspari Hasibuan, Desa Dolok Sordang Taris Siregar, Desa Pangaribuan Maralian, Desa Luat Lombang Muara Siregar, Desa Sarogodung Ermawi, Desa Marsada Janinul Bahri Batubara, Desa Bulu Mario Kholis, Desa Batang Tura Julu Bestari, Desa Batang Tura Abu Bakar Harahap, Desa Dolok Sordang Julu Nasaruddin Siregar, Desa Paran Dolok Baginda, Desa Situmba Rahman, Desa Sialagundi Syafruddin, Desa Situmba Julu Ashari, dan Desa Aek Batang Paya Roni Mogana Siregar. (ran)

Pantauan METRO saat pelaksanaan pemilihan cakades di Desa Sitampa Simatoras dengan jumlah pemilih sebanyak 857 suara dengan dua orang calon yakni, Halaluddin meraih 527 suara dan saingannya Muhammad Amin meraih 164 suara dengan 8 suara dinyatakan batal oleh panitia. Tampak masyarakat sangat antusias untuk memberikan dukungan dan suaranya kepada calon masing-masing. Bahkan tampak seorang nenek yang sudah berusia 104 tahun, Siti Annus atau Uma Hasan dengan dituntun oleh panitia juga ikut memberikan hak pilihnya. Bahkan saat penghitungan, warga tetap antusias memadati lapangan di TPS untuk mengetahui siapa pemenang dalam pilkades di Desa Sitampa Simatotras.

Kaban PMD, Rustam Efendi Hasibuan kepada METRO mengatakan, hasil pilkades diperkirakan dapat diketahui hari ini, Jumat dan diumumkan Senin (9/11). “Dari hasil pantauan dan laporan para anggota di lapangan, pelaksanaan pilkades berlangsung aman dan terkendali,” tidak ada gangguan suatu apapun. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 13 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*