Hati-Hati….! 2 Titik Jalinsum Di Madina Rawan Longsor

Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal menyebutkan, ada dua titik Jalinsum rawan longsor dan beberapa titik jalan rusak yang harus diwaspadai oleh para pengendara atau pemudik yang diperediksikan tahun ini akan meningkat 20 persen dari tahun lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Madina Drs Parulian Nasution MM melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat, Ahmad M Lubis kepada METRO, Rabu (25/8) di ruang kerjanya menjelaskan, menjelang Idul Fitri 1431 H, Dishub Madina telah melakukan penyisiran ruas Jalinsum untuk mengetahui jalur yang rawan dari kemacetan dan kecelakaan lalu-lintas. Sebab tahun ini diperkirakan arus mudik akan bertambah dari tahun yang lalu hingga persentasenya mencapai 15 hingga 20 persen.

Disebutkan Ahmad, dua titik Jalinsum yang rawan longsor tersebut, yakni Jalinsum menuju Pantai Barat. Kondisi jalan variatif atau beragam serta letaknya di daerah perbukitan yang tinggi dan jurang yang terjal.

“Titik Jalinsum yang longsor lainnya terdapat di Kecamatan Muara Sipongi mulai dari Kelurahan Tamiang atau perbatasan Kecamatan Kotanopan dengan Kecamatan Muara Sipongi. Di sini juga terlihat sangat berpotensi terjadinya longsor seperti yang terjadi beberapa kali sebelumnya,” terang Ahmad.

Oleh karena itu, Ahmad mengimbau pemudik agar lebih berhati-hati untuk melewati titik jalan yang rawan longsor itu. Di samping beberapa titik rawan longsor, pihaknya juga menemukan Jalinsum yang rusak meskipun kerusakannya beragam. Di mana ada yang rusak ringan, menengah, dan rusak berat.

Baca Juga :  KPU Tapsel; Hasil Pengitungan Suara Dikirimkan Ke Gubsu

Ditambahkan Ahmad, perbaikan Jalinsum itu sebenarnya telah disampaikan oleh Kementerian PU kepada seluruh kepala daerah menjelang lebaran ini agar ruas jalan di daerah supaya diperbaiki. Dan ini juga sudah dilakukan oleh Dishub Madina bersama instansi terkait meskipun pekerjaannya belum maksimal.

“Kalau persoalan badan jalan yang rusak masih banyak sebenarnya didapati, namun dengan ukuran yang berbeda. Tapi sesuai arahan Kementerian PU sebelumnya kami bersama instansi terkait telah melakukan upaya perbaikan meskipun seutuhnya dan hasilnya belum maksimal,” katanya.

40 Personel untuk 3 Pos Pam Lebaran

Lebih lanjut dikatakan Ahmad, dalam menyambut lebaran, Dishub akan mengerahkan 40 personel sebagai pengamanan (pam) lebaran. Ini dimaksudkan untuk membantu tugas-tugas Polres Madina.

“40 personel ini akan dibagi ke dalam 3 shif, sedangkan jumlah Pos Pam yang tersedia berjumlah 3 pos yang terletak di Kecamatan Kotanopan, Pasar Panyabungan, dan di Kecamatan Siabu,” pungkasnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/2_Titik_Jalinsum_Rawan_Longsor

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*