Hey Remaja Padangsidimpuan, Awas Bahaya Facebook!

Ditulis Oleh Admin

Yah… Kota Padangsidimpuan ternyata tak hanya dilanda demam CHIKUNGUNYA… FACEBOOK juga ikut-ikutan melanda Remaja-remaja di KOTA ini, tak percaya….??? coba saja telusuri WARNET-WARNET dari sekian (30-an) di padangsidimpuan mulai dari jam 18.00 wib – 24.00 (bahkan ada yang mau begadang sampai pagi) anda akan lihat dan dapatkan kalau warnet tersebut full dengan remaja… untuk apa???? tidak tahu..??? coba iseng menghubungi operatornya dan suruh lihat CLIENT REMOTE-nya dan anda pasti terkejut karena 95% pasti di setiap PC account FACEBOOK-nya terbuka…. untuk apa FACEBOOK-nya….? untuk pertemanan kah… yah sebagian dan sebagian lagi untuk main GAME ONLINE… (POKER, WAR, dll.)

Ini memang jaman keterbukaan dan jaman kemajuan teknologi… tapi kayaknya ini sudah over… khususnya untuk FACEBOOK ini… semuanya berbalik pada diri kita dan orang tua akhirnya…

di beberapa forum hal ini sudah dicoba dibahas bahkan Presiden AS B. Obama sudah memperingatkan keras kepada REMAJA di AS untuk hati-hati pada FACEBOOK..

bagaiman dengan kita di padang sidimpuan ini…?

mungkin sebelum anda jawab boleh anda simak review berikut

Awas Bahaya Facebook
Dibalik keunggulannya, ternyata Facebook memiliki dampak samping.

sumber- Bekasinews.com.

FacebookStatus Hey Remaja Padangsidimpuan, Awas Bahaya Facebook!Banyak orang mengaku addicted to Facebook. Tapi ternyata Facebook dapat mengundang bahaya.

Facebook adalah layanan jejaring sosial yang mengumpulkan orang banyak dalam satu wadah di Internet. Facebook mirip dengan Friendster, namun diakui memiliki banyak kelebihan. Pengguna Facebook mulai dari abg hingga orang tua yang berumur di atas 50 tahun.

Facebook diakui berguna untuk menemukan teman-teman yang tercecer. Banyak dari para pengguna Facebook yang akhirnya berhasil menemukan teman-teman di masa lalu. Hal ini menambah nilai tambah bagi Facebook.

Selain itu fungsi foto dan tagging ternyata disukai banyak orang. Kolom komentar yang disediakan serta notification yang ada membuat para facebooker mengetahui perkembangan dalam dunia per-facebook-an.

Beberapa Facebooker mengaku hal pertama yang mereka periksa ketika online internet adalah membuka akun Facebook. Facebook juga telah berhasil memasuki peringkat ke tiga dunia sebagai situs yang banyak dikunjungi. Bahkan Facebook berhasil menggeser senior dunia jejaring sosial, yaitu Friendster.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari teman, Facebook digunakan untuk beriklan serta berkampanye. Presiden Amerika Barrack Obama adalah Presiden pertama yang memanfaatkan Facebook untuk kampanye via internet, dan kini banyak capres-capres yang mengekor tindakan Obama tersebut.

Namun dibalik keunggulannya, ternyata Facebook memiliki dampak samping.

1. Terbuangnya waktu. Pengguna Facebook enggan terlepas dari komputer, laptop, handphone, dan gadget yang mampu mengakses Facebook. Banyak waktu terbuang di depan komputer. Aturlah waktu Anda. Jangan sampai sia-sia hanya di depan komputer.

2. Hati-hatilah memasang status di Facebook. Ada tragedi yang menimpa seorang istri ketika mengganti statusnya menjadi single. Sang suami yang marah tanpa berpikir panjang langsung menghabisi sang istri. Dan hal ini telah terjadi 2 kali.

3. Hati-hatilah menaruh foto di Facebook. Yang namanya dunia internet, orang bisa melakukan bermacam-macam hal. Orang bisa meng-edit foto sedemikian rupa yang berbau negati dan menyebarkannya ke forum atau milis. Hal ini bisa merusak nama yang terlibat. Belum lagi foto dapat memicu keributan.

Pasanglah foto di Facebook dengan bijak, karena tidak hanya Anda dan teman Anda saja yang bisa melihat. Semua orang di dunia bisa melihatnya, kecuali Anda men-setting foto Anda menjadi private, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat foto Anda.

4. Jangan menaruh sembarangan informasi pribadi. Banyak orang tidak menyadari bahaya menaruh informasi di internet. Dengan memberikan informasi tempat bekerja, nomer telepon, hingga alamat rumah, tentu dapat mengundang orang untuk berniat buruk. Bisa saja informasi tersebut dimanfaatkan untuk berbuat tidak baik. Jadi, taruhlah informasi yang umum. Jangan menaruh informasi pribadi di halaman Facebook Anda. Ingatlah bahwa tidak hanya teman Anda saja yang mengakses Facebook. Apabila Anda ingin informasi yang tertera aman dari orang-orang asing, aturlah agar hanya teman-teman Anda yang bisa mengakses Facebook Anda.

5. Diganggu orang tak dikenal. Banyak orang yang tidak berpikir panjang ketika menerima ajakan berteman dalam dunia jejaring sosial. Tanpa disadari, orang yang diterima menjadi teman bisa mengakses informasi yang tertera dalam halaman Facebook. Oleh karena itu jangan sungkan menolak ajakan teman dari orang yang tidak dikenal. Anda berhak menolak.

Walaupun hal ini terlihat sepele, namun mulai banyak kasus bermunculan karena Facebook. Bijaksanalah dalam menggunakan Facebook.

Obama: Hey Remaja, Awas Bahaya Facebook!

Obama (washingtonpost)

Washington – Presiden Amerika Serikat Barack Obama, punya beberapa nasehat bagi kaum muda yang juga bermimpi jadi presiden seperti dirinya. Di antaranya adalah hati-hati melakukan postingan di Facebook ataupun di internet secara umum.

Presiden berdarah Kenya ini menyampaikan beberapa nasehat politik praktis pada para pelajar di Wakefield High School di Virginia. Sebagian siswa rupanya penasaran tentang bagaimana cara meraih cita-cita jadi orang nomor satu di negeri Paman Sam.

“Aku ingin tiap orang di sini agar hati-hati dengan apa yang kamu posting di Facebook, karena dalam zaman YouTube seperti sekarang apapun yang kamu lakukan suatu saat bisa diungkit kembali,” tukas Obama seperti dilansir Bloomberg dan dikutip detikINET, Rabu (9/9/2009). “Itu aturan nomor satu”.

Memang, postingan di Facebook sering dinilai menentukan arah kesuksesan seseorang. Saat ini saja, banyak perusahaan memakai Facebook dalam rangka menilai kebiasaan ataupun sifat-sifat para calon karyawannya.

Tak jarang seorang pegawai dipecat atau tidak jadi mendapat pekerjaan gara-gara sembarangan dengan postingannya di Facebook. Untuk itu Obama menyarankan kaum muda yang sering melakukan tindakan-tindakan bodoh agar tak sembarangan saat Facebook-an.

Facebook yang didirikan tahun 2004 saat ini memiliki lebih dari 250 juta user aktif. Menurut pihak situs yang didirikan Mark Zuckerberg ini, lebih dari 30 juta pengguna memposting update status sekurangnya satu kali sehari. ( fyk / faw )

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/hey-remaja-padangsidimpuan-awas-bahaya-facebook/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

  1. Sesuatu yang baru pasti ada manfaatnya jika kita melihat dari kacamata positifnya, so knapa harus khawatir? Banyak hal2 positif yg dapat kita ambil, klo emang ada sisi negatifnya ya jangan diambil, saya rasa masyarakat padangsidimpuan sudah pada cerdas dan dapat menyikapinya dengan bener

  2. Yang perlu dilakukan mungkin bagaimana melihat Facebook itu dari segi positif jangan dilihta dari segi negatifnya… lalu perlu disadari efek dan positifnya.

    Saya rasa baik2 saja.. asal digunakan dengan benar…

  3. itu betul bang… anak remaja di sidempuan ini memang sudah keterlaluan dengan FACEBOOK ini…. saya juga sangat takut dengan anak-anak saya yang dengar-dengar dari kawannya juga sering main-main GAME kartu di FACEBOOK…

    yah…. moga-moga anak-anak ini bisa secepanya mengerti masalah ini…

    horas…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*