Hidup Sederhana, Rahasia Umur Panjang Warga China!

orang tua di chengmai. ©AFP PHOTO / WANG ZHAO

Hidup di daerah yang serba kekurangan bukan berarti tidak sejahtera. Buktinya, warga China ini bisa bertahan hidup hingga usia lebih dari 100 tahun. Tidak hanya satu orang saja yang berumur panjang, jumlahnya ada ratusan!

Sebuah desa bernama Chengmai yang berada di provinsi pulau Hainan mengklaim memiliki lebih dari 200 warga berusia lebih dari 100 dari jumlah penduduk 560,000. Jumlah tersebut merupakan salah satu rasio tertinggi di dunia.

Seperti dilansir Nydailynews (15/7), mereka bisa bertahan hidup sejak perang saudara dan bencana kelaparan.Banyak warga tinggal di gubuk-gubuk tanpa pemanas. Meski begitu rupanya antara orang terpanjang-hidup di bumi.

Li Aizhu, seorang warga yang berusia 113 tahun hidupnya sangat sederhana. Ia tidur di kamar tidur mungil, di mana sebuah kipas angin listrik. Setiap hari dia melihat bebek melewati rumahnya.

Sebagian warga mendapat gelar “Supercentenarian”. Sebutan yang diberikan kepada orang-orang berusia di atas 110, yang jumlahnya tidak lebih dari 400 orang di seluruh dunia.

Sementara itu, Jennifer Holdaway dari Institut Kesehatan dan Lingkungan China, sebuah organisasi kesehatan sosial dari AS mengunjungi Chengmai tahun lalu. Dia mengatakan bahwa perekonomian tumbuh dari sektor pertanian. Sebagian besar masyarakat adalah petani dan memakan apa yang mereka tanam.

“Tidak ada banyak industri, iklimnya juga baik, mereka dengan mudah dapat melatih tubuh, dan menerapkan diet yang sehat. Mereka banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar. Tanahnya juga kaya selenium yang sangat bernutrisi,” katanya.

Baca Juga :  Lagi...., Obama Batal ke Indonesia, Obama Sampaikan Penyesalan Mendalam

Selain itu menurut studi dari komite Partai Komunis Chengmai, yang bikin mereka panjang umur adalah rajin, berpikiran sederhana dan murah hati, diet vegetarian, makan makanan yang sehat, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.

Tak hanya dari makanan. Mereka juga punya kehidupan sosial yang menyenangkan. Para orang tua sering berkumpul, main kartu, mengobrol dan mendengarkan radio yang memutar opera China.

Ternyata rahasia hidup lama sangat sederhana ya!

Merdeka.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*