Honor Kades di Kab Tapsel Naik Rp200 Ribu

Rabu, 17 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

TAPSEL-METRO; Honor kepala desa (Kades) di Kabupaten Tapanuli Selatan untuk tahun ini, naik sebesar Rp200 ribu per bulan. Sementara itu, untuk pengadaan sepedamotor sebagai penunjang kinerja kades ditolak oleh DPRD Tapsel.

Ketua DPRD Tapsel, H Rahmat Nasution SSos didampingi anggota Borkat SSos, Syawal Pane, Ali Imran Hasibuan, kepada METRO Rabu (16/2) mengatakan, sesuai dengan hasil evaluasi dan perhitungan yang dilakukan oleh badan anggaran dalam pembahasan APBD Tapsel TA 2010 lalu, dari usulan yang diajukan eksekutif honor kades Rp850 ribu per bulan, akhirnya ditetapkan menjadi Rp550 ribu per bulan atau naik Rp200 ribu dari honor sebelumnya Rp350 ribu per bulan.

Sementara itu, terkait usulan eksekutif untuk pengadaan sepedamotor kepada setiap kades pada tahun 2010 ini, sudah ditolak oleh DPRD Tapsel dalam pembahasan APBD Tapsel TA 2010 yang disahkan pada 4 Pebruari lalu. Alasannya, karena belum sanggupnya APBD Tapsel dan juga masih banyak hal lain yang lebih prioritas di bandingkan pemberian sepedamotor kepada kades.

Sementara itu, Bupati Tapsel, Ongku P Hasibuan, beberapa waktu lalu saat silaturahmi dengan masyarakat Sihuik-huik, Kecamatan Angkola Selatan, menyebutkan, untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga menunjang kinerja kades di Tapsel, maka pada tahun 2010 diusulkan kenaikan honor kades Rp850 ribu per bulan, namun hanya Rp550 ribu yang disahkan oleh DPRD Tapsel. Sedangkan usulan pengadaan sepedamotor untuk kades, sama sekali tidak diterima atau ditolak oleh DPRD Tapsel.

Baca Juga :  SDN Baringin Silangge Paluta Butuh Ruang Kelas Baru

“Sabar dulu lah, mungkin tahun depan bisa kita anggarkan lagi, tapi kalau honor kades ada kenaikanlah Rp200 ribu. Mungkin di tahun-tahun yang akan datang bisa kita usulkan lagi untuk makin ditingkatkan,” katanya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. gak heran biasanya incumben di akhir masa jabatannya pasti melakukan cara untuk memberikan pengukuh pada pejabat (termasuk kades). tentunya niatannya agar para kades diiming2 sesuatu seperti gaji dinaikkan termasuk pengadaan sepeda motor. tentunya iming2 itu tanpa maksud, yakni harus memperjuangkan incumben agar menag pada pilkada Tapsel 2010-2015. jadi gak heran dan salut for DPRD TAPSEL yang menolak rencana pengamburan duit negara trsbt.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*