Ibukota Tapsel di Desa Kilang Papan Dano Situmba Sipirok

Pusat pemerintahan atau ibukota Tapanuli Selatan (Tapsel) yang rencananya akan mulai dibangun pada Januari 2011 mendatang, sesungguhnya berada di Desa Kilang Papan dusun Dano Situmba Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel.

“Jadi, bukan di Desa Janji Mauli atau Tolang, seperti yang saat ini ramai dibicarakan masyarakat, “ujar Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu kepada Analisa di ruang kerjanya Kantor Bupati Tapsel, Jalan Kenanga Kota Padangsidimpuan, Selasa (6/7).

Dikatakan, desa Kilang Papan yang jika dari arah pasar Sipirok berada disebelah kanan ini memiliki tiga dusun masing-masing dusun Dano Situmba, Rina Bolak dan Saba Sialang.

“Dari arah Sipirok letak lokasi pertapakan kantor bupati tersebut sebelum SD Kilang Papan dan tepat berada di atas Desa Sialaman, ” terangnya.

Dijelaskan, salah satu faktor yang pendukung dipilihnya Desa Kilang Papan Sipirok sebagai lokasi pertapakan kantor bupati disebabkan sumber air di kawasan itu sangat mencukupi dibanding daerah lain.

“Persedian air dikawasan itu sangat mencukupi. Selain itu secara geologis juga tidak berada di jalur patahan gempa, “katanya.

Ditanya apakah Bupati tidak terkesan plin-plan karena sebelumnya, menyebut Tolang dan Janji Mauli sebagai kawasan pertapakan perkantoran, Bupati dengan tegas membantah kesan tersebut.

“Saya tidak pernah menyatakan Tolang atau Janji Mauli sebagai lokasi pertapakan Kantor Bupati Tapsel, namun saya mengatakan Tolang sekitarnya. Desa Kilang Papankan masih daerah sekitar Tolang, “sebutnya.

Sementara mengenai kajian tata ruang pada tahun 2006 yag menyebut ibukota Tapsel maksimal di 9 kilometer pusat pasar Sipirok Bupati mengatakan, jika ukuran yang dimaksud di 2006 itu berbentuk lingkar sepeda.

Baca Juga :  KPU Padang Lawas Gelar Karnaval Damai Beserta 12 Parpol Peserta Pemilu

“Gimana mungkin kita mengikutinya karena jika berbentuk lingkar maka akan masuk di wilayah cagar alam, “ujar sembari menyebut jika sudah ada hasil kajian tata letak bangunan (RTBL) pada tahun 2009 yang mengkalarifikasi tahun 2006 itu.

Sementara mengenai desakan sejumlah elemen masyarakat 13 Kecamatan luar Sipirok yang meminta agar Bupati Tapsel jangan terlalu memporsil memikirkan kemauan warga Sipirok, Bupati mengucapkan terimakasih atas perhatian para tokoh elemen masyrakat tersebut.

“Saya sangat berterimaksih terhadap perhatian itu. Penilaian itu menunjukkan jika masyarkat menilai saya terlalu demokratis memimpin. Saya tahu, jika saya dipilih masyarakat 14 Kecamatan di Tapsel. Yakinlah dan jangan takut akan terjadi ketidak seimbangan pembangunan. Kita sudah plot anggaran pembangunan seluruh Kecamatan di tapsel, “katanya.

Menurutnya, adanya penolakan warga Sipirok terkait lokasi pertapakan Pemkab Tapsel Syahrul menilai jika hal itu bukan suara seluruh masyarakat Kecamatan Sipirok.

“Saya Yakin itu hanya suara segelintir masyarakat Sipirok. Saya Yakin masyarakat Sipirok orang-orang yang cerdas, apalagi lokasi pertapakan sesungguhnya masih berada di daerah kecamatan Sipirok, ” ungkapnya sembari menegaskan jika dirinya tidak pernah larut memikirkan penolakan segelintir warga Sipirok tersebut.

Melanjutkan yang Tertunda

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengungkapkan jika pembangunan kantor bupati tapsel ini sesungguhnya melanjutkan program yang tertunda pemerintahan sebelumnya.

“Sudah 2,5 tahun pembangunan ibukota Tapsel ini tertunda. Alhamdulillah, tepat 7 bulan 5 hari memimpin Tapsel, pembangunan sudah berujung, “katanya.

Baca Juga :  Cepat atau Lambat, Vettel ke Ferrari

Sedangkan mengenai adanya usulan pertapakan lain, Bupati mengatakan, jika dirinya sudah memberikan waktu 6 bulan bagi warga Sipirok untuk mencari lahan yang gratis namu tidak berbuah hasil. Adapun lokasi yang agak sesuai berada di kawasan hutan lindung.

” Itukan sama saja kita harus mengurus izin pelepasan kembali. Hal itu butuh waktu 4 hingga 5 tahun kedepan, sementara sesuai amanh UU 37-38 kita sudah terlambat 2,5 tahun. Obyektif sajalah, jika pembangunan ibukota sudah didepan mata, kok malah kta harus menunggu lagi,” ungkapnya. (hih)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*