IMM Kembali Demo Tuntut Ketua KPU Madina Mundur

Panyabungan, (beritasumut.com) – Massa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muslim Mandailing Natal (IMM Madina), kembali melakukan aksi demo ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Madina, Kamis (30/5/2013). Mereka menilai Ketua KPU Madina tidak becus dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Demikian dikatakan Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Muslim Madina melalui Koordinator aksi M Sahrul Nasution didampingi Koordinator Lapangan Khoirul Asri Nasution dalam pernyataan sikapnya saat melakukan aksi demo di halaman Kantor KPU Madina.

Massa yang jumlahnya puluhan itu datang sekitar pukul 11.30 WIB. Setelah melakukan orasi hampir setengah jam, massa meminta berjumpa dengan Ketua KPU Madina Jeffry Antoni. Namun massa tidak berhasil bertemu dengan Ketua KPU karena yang bersangkutan lagi banyak tugas.

Dalam orasi dan pernyataan sikapnnya, massa meminta Kejari dan Polres Madina supaya mengusut tuntas dugaan penyalahgunaan anggaran di KPU Madina. “Kami menilai banyak sekali dugaan penyalahgunaan anggaran di lembaga KPU Madina baik tahapan sosialisasi, validitas Daftar Pemilihan Tetap (DPT) di tingkat kecamatan dan desa-desa dan sekaligus kelurahan di Kabupaten Madina sehingga muncul sikap antipati masyarakat terhadap pesta demokrasi. Ini terbukti meningkatnya angka golput  lebih dari 50 persen di setiap pesta demokrasi di Madina,” ujarnya.

Ini merupakan kesalahan lembaga KPU yang menurut mereka gagal total mengemban amanah rakyat, sehingga menimbulkan keresahan dan pertanyaan dimana sebenarnya tanggung jawab Ketua KPU Madina. Apakah Ketua KPU hanya memakan gaji buta dari  uang rakyat sehingga sosialisasi kepada masyarakat pun tidak becus, tanya M Sahrul Nasution.

Baca Juga :  Polisi Menemukan 3 Hektare Ladang Ganja di Mandailing Natal

Dilanjutkannya, IMM juga meminta Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara supaya mengganti Ketua KPU Madina karena dianggap gagal dalam melaksanakan tahapan sosialisasi dan validitas DPT di setiap pesta demokrasi di Madina. IMM juga meminta Ketua KPU Sumut untuk tidak memberikan peluang kepada Anggota KPU Madina yang telah menjabat sampai dua periode. Kemudian meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengaudit indikasi penyalahgunaan anggaran di KPU Madina.

KPU Madina dinilai gagal total dalam mengemban amanah rakyat. Sehingga menimbulkan keresahan dan pertanyaan, apakah karena Ketua KPU Madina bukan orang Madina sosialisasi terhadap masyarakat Madina sangat kurang. “Kami melihat pada saat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013 masyarakat banyak mengeluh dan menanyakan tentang formulir C6 dimana sebagian masyarakat tidak dapat menggunakan hak pilihnya, sementara sudah terdaftar di DPT,”  kata Khoirul Asri Nasution.

IMM juga melihat sekali kejanggalan yang terjadi dalam proses demokrasi, yang seharusnya dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, sehingga memberi efek yang luar biasa dalam proses perjalanan demokrasi di Indonesia khususnya di Madina karena tidak sesuai dengan harapan masyarakat. IMM akan terus berupaya akan membawa permasalahan ini ke tinggkat yang lebih tinggi, dan berusaha tidak akan memberikan peluang kepada Ketua KPU Madina untuk periode berikutnya, jelas Sekretaris Ikatan Mahasiswa Muslim Mandailing Natal Takdir Siregar.

Baca Juga :  Setahun, Lampu Peneragan Jalan Umum Pasar Belakang Kel. Sipirok, Kec. Sipirok Tapsel Tidak Berfungsi

Ketua KPU Madina Jeffri Antoni diwakili Wakil Ketua KPU Sobir saat menerima puluhan demonstran mengatakan, Ketua KPU Madina lagi banyak tugas. Terkait aspirasi yang disampaikan dalam pernyataan sikap, Sobir mengajak pendemo masuk keruangan untuk kita cari solusinya. “Kita akan perjelas apa-apa  yang dipermasalahkan, agar semuanya jelas,” singkat Sobir.

Namun massa tidak mau masuk ke ruangan, mereka ingin langsung ingin jumpa dengan Ketua KPU dan bicara langsung di hadapan massa dan yang  menyaksikan demo. Karena keinginan para demonstran tidak berhasil jumpa dengan Ketua KPU Madina, massa pun membubarkan diri. Mereka berjanji akan membawa permasalahan ini ke tingkat yang lebih tinggi. (BS-026)

http://beritasumut.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Assalamu’alaikum Pak, gmn cara pasang iklan banner “solusi bau mulut dan penyakit bandel”
    Riza, 0815 686 0084

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*