Indonesia Pengguna Facebook Terbesar di Asia

Orang Indonesia bisa dibilang sebagai pengguna Facebook terbesar di Asia. Pasalnya, hasil riset menunjukkan saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer digunakan di antara pengguna Facebook dari berbagai negara di Asia. Di tingkat dunia, Bahasa Indonesia pun menempati peringkat kelima bahasa paling banyak digunakan pengguna layanan jejaring sosial tersebut.

Hasil riset Inside Facebook, diperkirakan lebih dari 20 juta pengguna Facebook menggunakan Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris masih menjadi bahasa paling banyak digunakan sekitar 400 juta pengguna Facebook saat ini menyusul Spanyol, Perancis, Turki, dan Indonesia.

“Seiring pertumbuhan Facebook ke seluruh dunia dan jumlha penggunananya bertambah banyak dari luar AS, bahasa pengguna menjadi faktor yang semakin penting bagi para pemasar dan pengembang,” tulis Inside Facebook seperti dilansir AFP. Bahasa yang digunakan juga menjadi faktor penting untuk menangguk pundi-pundi dari jejaring sosial tersebut.

Hasil survei tersebut juga menggarisbawahi semakin pentingnya pengembangan layanan yang menyesuaikan dengan budaya lokal. Di AS dan Eropa saja, Facebook dikritik habis-habisan dalam hal kontrol pengaturan privasi yang dianggap snagat lemah.

Di negara-negara muslim termasuk Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, Facebook beberapa kali menuai kecaman karena menampilkan konten yang dianggap menghina agama Islam. Di Pakistan, Facebook bahkan sampai diblokir aksesnya selama dua minggu karena menampilkan halaman kontes kartun Nabi Muhammad.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pengusul Harga Rokok Rp 50 Ribu per Bungkus Adalah...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*