Infrastruktur – Longsor Jalintasbar Sumatera Makin Parah

%name Infrastruktur Longsor Jalintasbar Sumatera Makin Parah
Foto : Illustrasi

Kondisi longsor jalur lintas barat Sumatra kini semakin parah akibat curah hujan yang cukup tinggi.

“Tingginya curah hujan tersebut membuat longsor yang ada di badan jalan semakin bertambah lebar, dan terlihat tanah yang berada di bawah jurang semakin tergerus air, yang dapat ambrol,” kata Kasat Lantas Polres Lampung Barat Iptu Surono, di Liwa, Selasa (2/11/2010).

Dia menjelaskan, saat ini kondisi arus lalu lintas jalur lintas barat sedikit lengang.

“Sebagian besar kendaraan besar yang bermuatan telah kami alihkan menuju jalur Kota Agung Tanggamus, sehingga kondisi arus lalu lintas jalur ini agak lengang,” katanya.

Menurut dia, longsor jalur lintas barat harus segera diatasi oleh petugas, agar kondisi longsor tersebut tidak semakin parah dan memutuskan jalan nasional ini.

“Butuh tindakan cepat dari pemerintah untuk memperbaiki longsor yang terjadi, bila di biarkan maka curah hujan tersebut dapat memutuskan akses transportasi di Sumatra. Selain itu, hujan deras yang terjadi setiap hari dapat mengancam keselamatan pengguna jalan yang melintas di jalan yanag terdapat longsor tersebut,” katanya.

Tingginya curah hujan yang terjadi di Lampung Barat, semakin memperparah kondisi longsor jalur lintas barat Bukit Kemuning Liwa.

Longsor yang terjadi di Pekon (Desa) Way Semangka, Kecamatan Belalau ini mengganggu akses transportasi masyarakat.

Sejak terjadinya longsor pada Minggu malam lalu, belum ada tindakan dari petugas untuk mengatasinya, sehingga kondisi longsor semakin parah, bahkan sisa badan jalan tersebut telah mengalami penurunan tanah, akibat air hujan yang menggerus bagian bawah jalan.

Baca Juga :  Pelantikan Jokowi-JK, Tamu Kenegaraan Hadir Atas Inisiatif Pribadi

Buruknya infrastruktur jalan nasional ini semakin dikeluhkan pengguna jalan, terutama rambu dan saluran air, sebab saat curah hujan tinggi, air hujan tersebut menggenangi jalan dan membawa material batu, sehingga mengancam keselamatan pengguna jalan.

Bila dibiarkan maka kondisi longsor dapat memutuskan akses transportasi jalur lintas barat, dan terancam lumpuh total.

“Kami berharap pemerintah segera memperbaiki longsor yang terjadi di jalur lintas barat, sehingga kondisi ini tidak membahayakan masyarakat, selain itu berharap bagi pengguna jalan dapat berhati hati saat melewati longsor tersebut, sebab di takutkan dapat ambrol,” katanya.(kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*