Ingin anak aman ‘bermain’ Facebook? Ini dia solusinya!

Kegiatan online di jejaring sosial kini seperti sudah tidak bisa lagi terpisahkan dari kehidupan, termasuk anak-anak usia remaja. Tetapi, akibat umur yang masih belia, mereka tidak bisa memproteksi diri mereka dari bahaya saat berkomunikasi via Facebook. Lalu apa yang bisa dilakukan orang tua?

Jawabannya adalah membantu anak untuk mengatur fitur-fitur keamanan yang telah tersedia di sosial media, misalnya Facebook. Sebagai jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook telah meluncurkan sistem proteksi ‘Privacy Checkup’. Apa itu?

Privacy Checkup adalah sebuah fitur sederhana yang dapat membantu pengguna Facebook untuk merubah pengaturan privasi dari akun mereka. Fungsi dari fitur tersebut juga beragam, seperti membuat pengguna lebih mudah memonitor orang-orang yang melihat postingan mereka atau membatasi akses ke aplikasi-aplikasi yang ada di Facebook.

Mengakses Privacy Checkup pun akan lebih menyenangkan dengan adanya si dinosaurus biru yang menjadi maskot fitur ini. Hanya dengan beberapa langkah saja orang tua bisa mengatur atau bahkan mengajarkan anak untuk memeriksa pengaturan privasi dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya.

1. Membuka Privacy Checkup

Untuk membuka fitur Privacy Checkup, Anda hanya perlu mengklik ikon gembok yang ada di bagian kanan atas laman Facebook. Setelah itu akan muncul beberapa opsi. Nah, Privacy Checkup sendiri berada di bagian paling atas yang ditandai dengan dinosaurus biru tadi.

Baca Juga :  Google Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Ketika mengklik opsi Privacy Checkup secara otomatis Anda akan diarahkan ke pilihan pengaturan orang-orang yang Anda inginkan untuk melihat postingan Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengklik tombol ‘Publik’, nantinya akan muncul beberapa pilihan lain seperti publik, teman, hanya saya, dan lain-lain. Pilihan ini sebaiknya dipilihkan oleh orang tua bila anak-anak masih berusia 15 tahun atau di bawahnya. Mengingat banyak sekali tindak kejahatan yang berawal hanya dari postingan yang diatur bisa dilihat untuk publik.

3. Setelah mengklik ‘Langkah berikutnya’ maka Anda akan sampai di opsi ‘Pilihan Aplikasi Anda’. Anak-anak dan remaja sering kali tidak sadar mereka telah memberikan akses pada aplikasi-aplikasi tertentu di Facebook ke data diri mereka yang pada beberapa kasus terkait dengan aplikasi jahat.

Untuk menonaktifkan aplikasi yang tertaut dengan Facebook, Anda hanya perlu mengklik ikon silang ‘X’ yang terletak di sebelah kanan tiap aplikasi. Jika sudah, klik ‘Langkah berikutnya’.

4. Dari opsi ‘Pilihan Aplikasi Anda’, Anda akan dituntun ke pengaturan privasi profil yang meliputi nomor telepon, email, tanggal lahir, hingga kota asal. Sebaiknya, orang tua mengatur data profil ini agar tampak pada pada teman atau bahkan hanya saya. Sebab informasi penting seperti umur dan kota asal bisa dijadikan informasi awal bagi penjahat untuk menjalankan aksinya.

Dengan adanya fitur Privacy Checkup ini orang tua bisa memastikan ke siapa saja anak-anak mereka berbagi konten secara online. Fitur ini pun sudah bisa diakses oleh pengguna Facebook di seluruh dunia lewat Facebook versi tampilan dekstop.

[bbo]/merdeka.com
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Design baru Gmail 5.0 APK telah tersedia

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*