Ini Aiptu Sulaiman, Pria Berjuluk ‘Polisi Nabi’ dari Mandailing Natal

MADINA – Kejujuran yang selalu dijunjung tinggi polisi yang satu ini membuat ia tak malu meski harus bekerja sambilan dengan menggarap sawah milik orang lain di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

Setiap pagi, Sulaiman Harahap berangkat kerja ke tempat dinasnya di Mapolsek Panyabungan, Madina.

Sang istri, Rahmawati, tak pernah ketinggalan membantu menyiapkan perlengkapan dinas suaminya.

Meksi telah mengabdi sebagai anggota Polri selama lebih dari 36 tahun, namun kehidupan Sulaiman sangat jauh dari kesan mewah. Dia dan keluarga kini tinggal di rumah kontrakan kecil dengan kondisi seadanya.

Bahkan, selepas dinas, Sulaiman masih bekerja sampingan dengan menjadi petani penggarap sawah. Hal itu dilakukannya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Penghasilannya sebagai polisi, yakni sekira Rp2 juta per bulan, tak cukup untuk menyekolahkan tiga buah hatinya di perguruan tinggi.

Bekerja sampingan sebagai buruh tani, Sulaiman menegaskan tak merasa malu dengan rekannya maupun warga sekitar.

Dari hasil menggarap sawah itu, Sulaiman mendapat penghasilan dengan sistem bagi hasil panen. Pendapatan dari bertani dirasa Sulaiman cukup membantu kehidupannya sehari-hari.

Kapolres Madina, AKBP Mardiaz, Minggu (30/6/2013), mengaku sangat mengagumi sosok Sulaiman. Bawahannya itu dikenal sebagai polisi jujur dan tidak suka neko-neko.

Dia meminta polisi lainnya untuk meniru perilaku Sulaiman yang hidup sederhana.

Sulaiman dikenal pantang membawa pulang harta yang didapat dengan memanfaatkan jabatannya sebagai polisi. Karena itulah Sulaiman dijuluki ‘Polisi Nabi’. Bukan hanya karena prinsip kuatnya terkait harta, namun karena dia juga kerap membantu orang lain tanpa pamrih.

Baca Juga :  Soal Belum Diumumkannya Hasil Seleksi CPNS Madina : Bupati jangan Bersandiwara

Okezone.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Saya yakin masih banyak polisi-polisi yang jujur seperti bapak Sualiaman tapi tidak diekspos oleh media dan luput dari perhatian masyarakat karena ulah segelintir oknum polisi yang nakal

  2. salah satu hal yang sangat langka yang pernah terjadi dan terlalu lama luput dari pemberitaan ,, salut dan respek kepada bapak sulaiman dan harus menjadi contoh kepada semua polisi di indonesia bahwa hidup jujur itu itu adalah prinsip yang sangat bijaksana ,, nah apakah yang lain mau mengikuti jejak kehidupan bapak sulaiman ini ????

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*