Ini Cara Mengatasi Dehidrasi Akibat Cuaca Panas

Air Kelapa (Foto: Istimewa)

Jakarta, Peningkatan suhu udara di Indonesia yang berkisar 24-34 derajat Celsius menyebabkan kaum urban berisiko mengalami dehidrasi. Akibat keringat berlebihan, tubuh bisa kehilangan 1%-2% cairan yang dapat menyebabkan badan lemas, sakit kepala ringan, perubahan warna urin hingga hilangnya indra perasa yang menjadi salah satu gejala dehidrasi.

Dokter spesialis gizi klinik dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK mengatakan kekurangan nutrisi dan cairan tubuh jika dibiarkan akan menyebabkan berbagai masalah dalam sistem metabolisme tubuh.

“Apabila tubuh kehilangan 5% cairan tubuh dapat mengakibatkan peningkatan denyut jantung, kelelahan, kram otot, mual dan sembelit, serta gangguan neurosensorik lain seperti kesemutan dan mati rasa,” ujarnya dari press release yang diterima Aktual.co, Jakarta, Sabtu (4/10).

Fiastuti pun menyarankan agar mengonsumsi air kelapa secara rutin mampu mengurangi dehidrasi akibat meningkatnya produksi keringat.

“Karena air kelapa mengandung magnesium, potassium, dan air yang terbukti mampu mengatasi kekurangan cairan tubuh dan meningkatan konsentrasi saat beraktivitas,” ucapnya.

/Aktual.co

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*