Ini Dia Menteri Luar Negeri Wanita Pertama RI

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, 26 Oktober 2014. TEMPO/Subekti

Jakarta -Terpilihnya Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri mencatatkan sejarah. Dia merupakan Menteri Luar Negeri wanita pertama sejak Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. Menurut Presiden Joko Widodo, selain sebagai pejabat karir dengan jabatan terakhir duta besar RI untuk Belanda, Retno disebut sebagai pekerja keras, tegas, dan visioner. “Beliau menjadi Menteri Luar Negeri perempuan pertama dalam sejarah kita,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo memang memberikan komentar khusus kepada para menteri Kabinet Kerja saat dikenalkan kepada publik, Ahad sore, 26 Oktober 2014, di Istana Negara. Komentar khas Jokowi itu merupakan penjelasan singkat tentang latar belakang masing-masing menteri.

Kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Jokowi menyebutnya sebagai pekerja yang cepat. “Pekerja yang super cepat. Lincah sekali,” kata Jokowi.

Sedangkan Profesor Yohana Susana Yembise dari Papua yang menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak dikenalkan sebagai guru besar perempuan pertama dari tanah Papua.

Sore tadi, sebanyak 34 menteri baru Kabinet Kerja diumumkan Presiden Jokowi, termasuk satu kementerian baru, yakni Kementerian Kemaritiman, yang merupakan ikon kampanye Jokowi untuk mengembangkan potensi kelautan di Indonesia. Salah satunya dengan program tol laut./tempo.co

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Deklarasi KMP: Turunkan Jokowi, Ganti Prabowo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*