Ini dia tips ‘modifikasi’ tablet agar tak sebabkan mata rusak

Ilustrasi menggunakan tablet. © Gizmolead.com

Gadget mobile dengan layar lebar seperti tablet memang bisa lebih memanjakan mata saat dipakai untuk membaca atau kegiatan multimedia. Namun, melihat tablet dalam waktu lama juga bisa membuat mata lelah, bahkan rusak.

Untuk menghindari masalah-masalah pada mata akibat melihat tablet secara berlebihan, ada beberapa cara sederhana yang Anda dapat aplikasikan pada tablet, phablet, bahkan smartphone kesayangan.

Langkah pertama yang Anda bisa lakukan adalah menambahkan lapisan pelindung layar atau screenguard berjenis anti-glare. Tipe screenguard ini cenderung lebih gelap dan terkesan ‘doff’ sehingga cahaya yang dikeluarkan oleh tablet dapat dibatasi. Harga dari screenguard jenis ini juga murah, biasanya maksimal dibanderol Rp 50 ribuan.

Penambahan screenguard anti-glare akan sangat terasa pengaruhnya saat dipakai untuk membaca lewat tablet di lengkungan bercahaya terang. Screenguard anti-glare juga dapat mengurangi pantulan cahaya dari lampu atau sumber cahaya lain. Sehingga Anda lebih nyaman saat beraktivitas lewat tablet.

Jika Anda menginginkan langkah yang lebih praktis dan gratis, yang perlu Anda lakukan adalah mengatur kecerahan dari layar si tablet. Bagi sebagian besar pengguna, kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mata cepat lelah. Apalagi tidak semua tablet dilengkapi dengan sensor yang dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dengan lingkungan sekitar.

Jadi, Anda bisa mengurangi kecerahan dengan mengakses menu pengaturan lalu merubah tingkat kecerahan (brightness) di bagian tampilan. Di beberapa tablet atau phablet, Anda bahkan bisa mengatur kecerahan layar dengan membuka menu ‘toggle’ yang bisa ditampilkan dengan cara menyapu jari dari ujung atas layar utama tablet.

Baca Juga :  Tips Agar Tak Tertipu Beli Ponsel Supercopy

Hanya dengan memberikan sedikit tambahan dan melakukan pengaturan sederhana agar cahaya yang keluar dari tablet berkurang, mata akan menjadi lebih sehat dan Anda bisa terus menikmati aktivitas tanpa perlu takut mata akan cepat rusak. Selamat mencoba!

/Merdeka.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*