Ini Jawaban Microsoft ke Google+ dan Facebook

Proyek Tulalip dari Microsoft (Daily Mail)

TEMPO Interaktif, Jakarta – Microsoft mempersiapkan diri bersaing di ranah web jejaring sosial, setelah munculnya sebuah bocoran baru-baru ini.

Pada Kamis, 14 Juli 2011, raksasa komputer itu tak sengaja menerbitkan halaman yang mengiklankan sebuah proyek sosial di bawah domain milik Microsoft, socl.com.

Proyek itu bernama Tulalip, akan membuat pengguna “Menemukan apa yang Anda butuhkan dan berbagi apa yang Anda ketahui lebih mudah dari sebelumnya.”

Sebuah screenshot dari desain prototipe menggambarkan sebuah persegi panjang hijau dengan kata “Welcome” di atas deskripsi singkat dari layanan jejaring sosial itu.

Fitur yang ditayangkan itu memungkinkan pengguna terhubung melalui Facebook dan Twitter. Namun, tidak disebutkan fitur Google yang baru diluncurkan, Google+.

Ia juga menampilkan links yang belum berjalan, “See how it works”, “Privacy Statement”, dan “Terms of Service”.

Halaman itu segera dihapus oleh Microsoft dan diganti dengan pesan yang menunjukkan kesalahan.

“Terima kasih untuk mampir. Socl.com adalah sebuah proyek desain internal dari sebuah tim di Microsoft Research yang keliru dipublikasikan ke web. Kami tidak bermaksud melakukannya, jujur,” demikian pesan di Socl.com.

Pesan itu masih tertayang di presstime.

Prototipe awal itu ditemukan oleh seorang blogger yang diidentifikasi sebagai JB, yang menulis tentang itu di Fusible.com.

Posting Fusible terbaca: “Domain empat huruf socl.com akan melengkapi bing.com. Meski situs tersebut tidak operasional, pengunjung bisa mendapatkan ide ke mana Microsoft berjalan dengan layanan yang disebut Tulalip itu.”

Baca Juga :  Vinci, Komputer Tablet untuk Balita

Ranah web jaringan sosial menjadi semakin menarik bagi perusahaan-perusahaan teknologi saat pengunjung semakin banyak menghabiskan waktu di situs-situs populer.

Rata-rata pengunjung AS menghabiskan 375 menit di Facebook pada bulan Mei, dibandingkan dengan 231 menit untuk Google.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*