Ini Jurus Hindari Baca Status Orang yang ‘Nyebelin’ di Facebook

Sebal melihat posting dari orang tertentu? Dibuat pusing dengan derasnya arus News Feed yang belum tentu berasal dari orang terdekat? Gunakan fasilitas “Unfollow” di Facebook agar aneka update status terlihat lebih nyaman di mata dan hati.

Itulah himbauan yang hendak disampaikan oleh Facebook melalui pembaruan layanannya minggu lalu. Update yang melibatkan mekanisme kerja News Feed itu berfokus pada fitur Unfollow.

Facebook kini akan menanyakan alasan di balik keputusan pengguna untuk menyembunyikan (hide) sebuah post tertentu di News Feed. Apakah karena bermasalah dengan pengunggah posting bersangkutan? Merasa posting tidak mengandung hal penting, atau mungkin sebab yang lain?

Tergantung pada jawaban yang diberikan pada pertanyaan-pertanyaan itu, Facebook mungkin akan menawarkan pengguna untuk berhenti mengikuti update (unfollow) akun pemilik posting yang di-hide.

“Kami ingin mendorong pengguna agar lebih sering menggunakan opsi (unfollow) ini,” kata direktur manajemen produk Facebook Adam Mosseri, sebagaimana dikutip dari Recode, Rabu (12/11/2014).

Dengan menyaring update News Feed dari orang-orang yang tidak dikehendaki, Mosseri mengatakan fitur Unfollow bisa meningkatkan kenyamanan pengguna, sekaligus membuat konten News Feed jadi lebih relevan dengan kebutuhan dan keinginan.

Dengan begitu, diharapkan pengguna akan lebih sering menggunakan Facebook. Berbeda dari “Unfriend” yang memutuskan hubungan pertemanan sama sekali, “Unfollow” hanya menghentikan arus update dari akun yang tak lagi diikuti oleh pengguna. News Feed pun jadi tak dijejali posting tidak penting.

Baca Juga :  Dilarang Lihat Facebook, Wanita Tusuk Pacar

Orang yang di-unfollow pun tidak menerima notifikasi bahwa seseorang telah berhenti mengikuti mereka, sementara orang yang melakukan unfollow tetap terdaftar sebagai teman di Facebook.

Di laman pengguna kini ada daftar berisi orang-orang yang di-unfollow sehingga bisa dengan mudah dievaluasi dan diikuti kembali apabila dirasa perlu. Update Facebook soal Unfollow akan disalurkan secara bertahap ke semua platform Facebook, termasuk aplikasi mobile.

/TRIBUNNEWS.COM

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*