Ini Tahapan Rekapitulasi Suara Pilpres

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau masyarakat agar bersabar menunggu hasil rekapitulasi suara resmi ketimbang berbagai hasil survei yang bermunculan. Hal ini agar dapat memberikan kepastian bagi semua pihak, termasuk kubu Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menjelaskan tahapan rekapitulasi suara melalui formulir C1. Ditargetkan olehnya, penghitungan suara dari tingkat desa akan terkumpul di tingkat kabupaten kota paling lambat 7 hari setelah hari pemungutan suara.

Tujuannya agar dapat dipublikasikan di laman situs KPU secepatnya. Meskipun besok hasil sementara dari beberapa kabupaten kota mulai dapat dilihat.

“(Situs KPU) bisa dan nggak ada apa-apa kalaupun mau nge-henk besok, karena masuk hasil scan. Kalau sekarang belum ada apa-apa,” ujar Ferry.

Sementara, mantan Ketua KPU Jawa Barat ini mengungkapkan hasil penghitungan nasional akan benar-benar resmi diumumkan pada 22 Juli.

Berikut tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara:

Tanggal 10-12 Juli 2014 rekapitulasi di tingkat PPS
Tanggal 13-15 Juli 2014 rekapitulasi di tingkat PPK
Tanggal 16-17 Juli 2014 rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota
Tanggal 18-19 Juli 2014 rekapitulasi di tingkat provinsi
Tanggal 20-22 Juli 2014 rekapitulasi KPU tingkat nasional

/detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Hebat...! Hanya Selang 1 Hari, Polri Berhasil Menangkap Pelaku Pembunuhan Di Pulomas

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*