Inilah Alasan Kita Mulas Setelah Minum Kopi

Kafein dalam kopi memang bisa memberikan efek menenangkan bagi otak kita, tapi sebagian orang akan merasakan mulas setelah minum kopi. Lalu, apa alasan kita mulas setelah minum kopi?

Sebuah penelitian diterbitkan pada tahun 1990 di sebuah jurnal gastro enterologi menemukan bahwa, kopi menginduksi “respon gastrocolonic” pada beberapa individu setelah mereka meminum kopi. Tetapi  penelitian ini gagal untuk mengidentifikasi penyebab respons tersebut. Peneliti berhipotesis bahwa kopi, entah bagaimana, memang mampu mempengaruhi jaringan epitel yang melapisi lambung dan usus kecil.

Penelitian ini juga menemukan bahwa kopi menyebabkan pelepasan gastrin. Hormon yang diproduksi di dalam perut dan dikenal untuk meningkatkan aktivitas motorik di usus besar. Usus besar paling dekat dengan rektum, penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan aktivitas disana bisa menjadi efek pencahar dari kopi. Ini dapat menjadi alasan kita mulas setelah minum kopi.

Selama ini kopi dianggap sebagai diueretik atau minuman yang dapat mengakibatan buang air besar. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa kopi tidak memiliki sifat diuretik. Dan penyebab utama sembelit adalah ketika kita mengalami kurangnya cairan atau dehidrasi.

Penelitian tahun 2003 dalam Journal of Human Nutrition and Dietetics menemukan bahwa, toleransi yang kuat untuk sifat diuretik kopi sendiri akan berkembang seiring dengan teraturnya seseorang mengkonsumsi kopi. Bahkan para peneliti menemukan bahwa dosis kafein yang terkandung dalam dua hingga tiga cangkir kopi tidak mempengarhui jumlah rata-rata urin yang dikeluarkan oleh tubuh.

Baca Juga :  6 Cara Mencegah Kram dan Tipsnya

/KOMPAS.com-Sumber : www.intisari-online.com

 

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*