Inilah Karakteristik Psikologis Pendiri Wikileaks

Studi 1989 dari 161 pembongkar informasi rahasia menyebutkan 80% dari mereka adalah pegawai pemerintah. Lalu, bagaimana karakteristik mereka, pendiri Wikileaks misalnya?

Pembongkar rahasia atau whistleblower merupakan pihak yang seringkali mencapai tingkat lebih tinggi dari penalaran moral atau sifat terkait altruisme. Ini persis dengan motivasi pendiri Wikileaks Julian Assange yang pernah menjadi pembajak komputer. Menurut penyelidik Australia, pria berusia 39 tahun ini memiliki motif altruistik.

“Saya rasa ia bertindak dengan keyakinan bahwa semua orang harus memiliki akses terhadap apapun,” kata penyelidik Australia Ken Day.

Di sisi lain, pembongkar informasi seperti Julian Assange ini sering tidak responsif terhadap pranata sosial, serta tidak tertarik dengan sistem regulasi yang mengatur perilaku sesuai dengan situasi tertentu.

Studi yang berjudul ‘In Praise of Difficult People: A Portrait of the Committed Whistleblower’ menyimpulkan bahwa whistleblower ini seringkali tidak melihat aspek situasi orang lain sebagai petunjuk berprilaku yang sesuai.

Sebaliknya, perilaku mereka cenderung konsisten di seluruh situasi karena mereka mengandalkan sikap dan keyakinan mereka sendiri. Ini termasuk dukungan kuat dari standar moral universal sebagai panduan.

Yang menarik, orang dengan ciri seperti Julian Assange memiliki tingkatan yang rendah soal kepercayaan diri. Mereka dengan perasaan kepemilikan harga diri yang rendah biasanya dipengaruhi, atau dirangsang oleh rasa takut yang mudah muncul.

Baca Juga :  Situs PSSI Kembali Terkena "Hack"

Penulis studi yang juga menulis buku The Psychology of Whistleblowing Joan E Sieber mengatakan bahwa saat satu sisi manusia sangat kuat, maka Julian Assange cenderung mengalami kesulitan dalam bertahan dari konflik.

“Sayangnya, mereka kebanyakan naif dengan tindakan yang sudah mereka ambil. Saat jumlah bukti dan fakta muncul, mereka akan menyadari bahwa tidak ada seorang pun yang akan berada di sisi mereka saat kasus itu berlangsung. (inilah.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*