Intel Siap “Cerdaskan” Jam Tangan dan Kacamata

CEO Intel Brian Krzanich memamerkan pra-rupa gelang yang memakai prosesor Quark, keluarga prosesor Intel yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com – Setelah bermain dalam bisnis perangkat komputer pribadi, server, dan perangkat mobile, Intel menyatakan niatnya untuk masuk ke bisnis perangkat cerdas yang dipakai di tubuh manusia (wearable device), termasuk gelang, jam tangan, dan kacamata pintar.

Pihak Intel meyakini bahwa industri komputasi akan mengarah kepada perangkat yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih fleksibel. Karena itu, perusahaan memiliki sasaran bisnis baru; wearable device.

“Ponsel pintar dan tablet bukanlah akhir dari segalanya. Gelombang komputasi berikutnya masih didefinisikan,” ujar CEO Intel Brian Krzanich dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Selasa (10/9/2013).

Untuk masuk ke bisnis wearable device, Intel membuat prosesor yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nanometer. Keluarga prosesor yang berukuran sangat kecil ini diberi nama Quark.

Dalam presentasinya di IDF 2013, seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Aditya Panji, Krzanich mengambil contoh gelang sebagai produk yang dapat memakai prosesor Quark. Bukan hanya gelang, Intel juga berharap prosesor ini dapat dipakai di produk jam tangan dan kacamata pintar.

Prosesor Quark juga akan mendukung koneksi nirkabel 4G LTE-Advanced hingga 75 Mbps. Perusahaan sedang mengembangkan modem Intel XMM 7260 untuk merealisasikan hal tersebut, dan prosesor Quark diharapkan bisa mulai dipasarkan pada 2014.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Internet Jadi Sumber Informasi Utama Ketimbang Televisi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*