Iran Resmikan Pembangkit Listrik Nuklir

Pusat listrik tenaga nuklir pertama Iran, yang dibangun Rusia di kota Bushehr akan dioperasikan secara resmi pekan depan.

“Bahan bakar akan diisi dalam reaktor itu 21 Agustus. Mulai saat ini, Bushehr akan dianggap satu instalasi nuklir,” kata Rosatom Sergei Novikov.

“Ini dapat dianggap sebagai peluncuran fisik,” tambah Novikov, juru bicara badan tenaga atom Rusia, Jumat (13/8/2010).

Para pejabat mengatakan peluncuran itu akan ditandai dengan satu upacara yang akan dihadiri termasuk ketua Rosatom, Sergei Kiriyenko.

Rusia membantu Iran membangun pusat listrik tenaga nuklir itu sejak pertengahan tahun 1990-an. Tapi keterlibatannya dinodai serangkaian penundaan dan masalah yang sangat pelik di tengah pertikaian menyangkut program nuklir Iran.

Hubungan antara Moskow dan Teheran mendingin bulan-bulan lalu ketika Rusia memberlakukan sikap kersnya terhadap kegiatan nuklir Iran.

Tetapi, Perdana Menteri Vladimir Putin mengkonfirmasikan bahwa pusat listrik itu akan mulai beroperasi musim panas ini. (AFP)

/tribunnews.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*