Iran Suplai Sabu Terbanyak ke Indonesia

INILAH.COM, Jakarta – Tingkat pengiriman narkotika jenis sabu ke Indonesia dari negara luar, semakin hari semakin tinggi. Badan Narkotika Nasional (BNN), mencatat Iran merupakan negara yang paling sering menyuplai sabu masuk ke Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pengawasan Tahanan, Barang Bukti dan Asset, Badan Narkotika Nasional (BNN), Sri Kuntjoro Endropranoto. Dia mengatakan bahwa Iran merupakan negara penyuplai sabu yang paling sering ditemukan.

Dia mengatakan diversiasi harga menjadi alasan utama para pelaku menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menguntungkan penjualan barang haram tersebut.

“Harga jual di Indonesia bisa empat kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga belinya di Iran. Makanya banyak yang ambil dari Iran dan dijual di sini,” ujarnya, Kamis (22/12/2011).

Dengan berbagai macam cara para pelaku menyelundupkan sabu ke Indonesia, seperti menyelipkannya di sela-sela koper, memasukkannya ke dalam batang sabun bahkan disembunyikan ke dalam dispenser.

Selain itu banyak juga mereka menggunakan kurir untuk menyelundupkan serta mengedarkan sabu ke Indonesia. “Kebanyakan dari mereka ditangkap dari hasil pengembangan tersangka yang sebelumnya ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta saat tiba di Indonesia. Dari tersangka awal, kita kembangkan hingga berhasil menangkap jaringannya,” jelas Sri.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Hidup Sederhana, Rahasia Umur Panjang Warga China!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*