IRIAN BARAT KEMBALI KE INDONESIA

Pelepasan balon menjadi penutup peringatan 48 Tahun kembalinya Irian Barat ke Indonesia. WIDYA VICTORIA/RMOL

Kembalinya Irian Barat ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak 1 Mei 1963  melengkapi keutuhan NKRI dari Sabang hingga Merauke. Irian Barat yang kini bernama Papua itu kembali  ke pangkuan Ibu Pertiwi disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui Resolusi Majelis Umum Nomor 2504.

“Kita berikrar kali ini akan mengawal NKRI sampai kapanpun. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memberikan penghormatan kepada seluruh pejuang, seluruh pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk mengembalikan Irian Barat ke pangkuan NKRI. Tanpa perjuangan dan pengorbanan mereka kita tidak akan menikmati kemerdekaan seperti sekarang, “ujar Panglima  XVII Cenderawasih Mayjend TNI Erfri Triasunu dalam sambutannya pada Upacara Pembukaan Bhakti TNI di Lapangan Upacara Mulia, Puncak Jaya, Senin (2/5).

Dia juga berharap, TNI bersama POlri dan masyarakat memelihara suasana aman, suasana yang tertib dan damai, aman dan taat pada hukum seperti itu akan terdapat modal dasar bagi arah  pembangunan Papua yang lebih baik. “Indonesia adalah dari Sabang sampai Merauke sehingga menjaga kesatuan dan keutuhan wilayah Papua menrupakan tanggungjawab semua pihak terutama komponen masyarakat yang ada. Keutuhan wilayah dari Sabang sampai Merauke sebagai wilayah teritorial negara ini tentunya akan terus dipertahankan sampai kapanpun. Kita tidak ingin tercerai berai,”ujarnya.

Ditegaskannya, kembalinya Irian Barat ke NKRI tanggal 1 Mei 1963 merupakan tonggak sejarah yang sudah sepantasnya menjadi inspirasi  dalam mengisi pembangunan.(SUARA PEMBARUAN)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Diakui Penuh Kelemahan, UN AkanTetap Dilaksanakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*