Irigasi Aek Silo Tapsel Butuh Revitalisasi

TAPSEL – Pemerintah Provinsi diharapkan memperhatikan kondisi Irigasi Aek Silo di Desa Huta Padang Nanggar Jati, Kecamatan Arse, Tapsel.

Pasalnya, fasilitas pengairan untuk pertanian masyarakat tersebut banyak yang telah bocor, sehingga sangat membutuhkan revitalisasi (dihidupkan atau divitalkan kembali, red).

Hal ini disampaikan pemerhati sosial kemasyarakatan Ficki Padli Pardede SPdI MA (27), Selasa (25/3).

“Irigasi Aek Silo dan beberapa irigasi lainnya di Kecamatan Arse, rata-rata dibangun sebelum Indonesia merdeka dan kondisinya sudah mengalami kerusakan. Sehingga irigasi itu tidak maksimal lagi memenuhi kebutuhan air di areal pertanian dan berakibat pada hasil yang terganggu,” terangnya.

Disebutkan wakil ketua GP Ansor Kota Medan tersebut, langkah dan upaya penanganan dari pemerintah merupakan harapan masyarakat di wilayah itu. Karena sektor pertanian masih merupakan andalan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Lagi pula, sudah sangat wajar irigasi itu dibongkar. Saat musim kemarau, banyak lahan yang tidak terairi, sehingga terancam gagal panen,” terang alumni pasca sarjana IAIN Sumut tersebut.

Selain itu, Padli yang merupakan alumni santri Pondok Pesantren Jabalul Madaniyah Sijungkang, Angkola Timur, Tapsel, ini menyebutkan, Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) harus benar-benar memperhatikan kondisi tersebut. Karena akan berdampak langsung bagi kelangsungan hidup masyarakat petani kecil di wilayah itu.

“Dalam memelihara irigasi yang ada, warga setempat selalu berupaya bergotong-royong. Inilah bentuk keseriusan dan ketergantungan masyarakat terhadap fungsi irigasi itu,” terangnya sambil berharap Pemerintah Kabupaten Tapsel juga mendorong harapan dan keinginan masyarakat tersebut.

Baca Juga :  Inter Diskusikan Transfer Sneijder ke MU

“Tak bisa dibiarkan, masyarakat sangat mendambakan perbaikan, karena sektor pertanian merupakan harapan masyarakat sebagai sumber penghidupannya,” pungkasnya sambil berucap, tujuan irigasi diperbaiki adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ran)

Sumber: Metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*